Peran Aktif Babinsa Tipes Dalam Pencanangan Kelurahan Bersinar

Surakarta, Babinsa Kelurahan Tipes Koramil 03/Serengan Kodim 0735 Surakarta Serka Sarmin dan Sertu Anjasmoro berperan Aktif dalam rangka menghadiri kegiatan pencanangan Kelurahan bersinar yang bertempat di Pendopo Kelurahan Tipes Jl Cokrobaskoro III no. 3 Kecamatan Serengan Kota Surakarta, Jum’at pukul 09.30 Wib (02/12/2022)

Kelurahan bersinar adalah suatu upaya penguatan ketahanan masyarakat dan pemerintahan di tingkat kelurahan untuk mencegah menanggulangi peredaran dan penggunaan narkoba dimana penguatan ketahanan tersebut dinilai sangat strategis karena jangkauan tugas yang relatif kecil dan kondisi masyarakat yang cenderung lebih memahami kondisi sosial, ekonomi dan keamanan lingkungannya.

Perlawanan terhadap penyalahgunaan narkoba tidak akan pernah berhenti pada upaya-upaya represif, tetapi juga langkah-langkah preventif, melalui penciptaan suasana yang dapat memberi pemahaman bahwa narkoba sangat berbahaya antara lain melalui konsep kelurahan bersinar.

Dalam rangka peningkatan peran pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika serta sebagai bentuk optimalisasi program P4GN melalui pelaksanaan keluarahan bersinar seperti yang telah diamanatkan baik di dalam Inpres No. 2 Tahun 2020.

Pencanangan kelurahan bersinar dan bimtek tersebut, Tim Terpadu pun membentuk Tim Terpadu tingkat Kelurahan yang dalam pelaksanaannya para Lurah yang ditunjuk sebagai koordinator, diharapkan dapat berperan serta dalam pelaksanaan fasilitasi

Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GNPN) di tingkat RT maupun RW. Sehingga dalam pelaksanaannya di lapangannya RW dan RT dapat secara mandiri dan produktif dalam menangkal bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

(Agus Kemplu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan