Cegah DBD, Babinsa Cek Tampungan Air di Rumah Warga

Sragen, Keberadaan jentik – jentik nyamuk di pemukiman warga menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit gangguan kesehatan termasuk penyakit DBD. Untuk menanggulangi hal tersebut Serka Sugito Babinsa Kel. Kroyo Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen melaksanakan PSN pemberantasan sarang nyamuk di wilayah kampung Putatan RW 2 Kel Kroyo, Jum’at ( 09/06/2023 ).

“Pemeriksaan Jentik Nyamuk ini merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Selain melakukan pemeriksaan kami juga selalu mengingatkan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan guna menekan kasus DBD di lingkungan”.Ucap Babinsa.
Tempat yang diperiksa diantaranya, Bak air mandi, gentong air untuk masak, serta pot-pot bunga dan barang bekas tempat yang seringkali digenangi air, tutur Sugito.

Kepada warga dihimbau untuk menjaga kebersihan penebaran bubuk abate hanya salah satu upaya saja sedangkan yang terpenting dalam mencegah terjadinya wabah penyakit demam berdarah adalah dengan menerapkan 5 M (menguras, menutup, mengganti, mengubur dan menaburkan), yaitu menguras atau membersihkan tempat penyimpanan air, menutup tandon air, mengganti air setiap hari, mengubur barang bekas yang bisa digenangi air dan menaburkan abate untuk membunuh jentik nyamuk.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan