Kasdim 0735/Surakarta Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Kepada Mahasiswa Baru Uniba

Solo,Kabarjoglo.com – Dalam rangka pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Islam Batik (Uniba) Ta 2023, dengan tema “Membentuk mahasiswa yang berkarakter unggul dan Inovatif di Era 4.0”. Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Kodim (kasdim) 0735/Surakarta Mayor Inf Suwarko menjadi Narasumber dengan memberikan materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Bertempat di Lantai 4 Kampus Uniba Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan, Senin (04/09/2023)

Kasdim 0735/Surakarta Mayor Inf Suwarko dalam materinya menyampaikan, suatu kebanggaan bagi dirinya bisa diundang pada hari ini di Kampus Universitas Islam Batik dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru.

Bacaan Lainnya

“Pentingnya bela negara pemuda masa depan yang ada didepan saya, bela negara cukup penting untuk kita semua, membentuk nasionalisme yang tinggi. Masa depan bangsa ada ditangan adik-adik semua dan masa depan Indonesia ada ditangan anda.”katanya.

“Dimana dalam abad 21 wajah-wajah dari adik-adik sekalian mengalami perubahan Karena kemajuan teknologi dan informasi sehingga menjadi tantangan yang sangat besar bagi kita semua. Yang pada prinsipnya berbeda pada tahun delapan puluhan yakni kita berhadapan dengan para penjajahan tetapi yang dihadapan adik- adik sekalian yakni perkembangan dari segala lini bidang yang akan kami hadapi bersama serta membawa pengaruh dan persaingan sangat besar.”tuturnya.

“Misalnya tantangan yang dihadapi sekarang di berbagai dunia yakni krisis ketahan pangan dan air, kelangkaan energi, kelangkaan yang kompotisi mengakibatkan perang dan konflik, serta tantangan geopolitik dan keamanan dibelahan dunia.”ujar kasdim.

Lebih lanjut Kasdim menambahkan untuk adik-aadik mahasiswa tetap meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta akan tanah air, Bela negara pada zaman dahulu melawan penjajah yakni berjuang untuk merdeka, tetap berbeda dengan sekarang harus adaptif, kompetitif dan sinergis. Bagaimana cara kita mencapai Indonesia 2045 dengan tingkatkan rasa nasionalisme dengan memiliki generasi unggul yang memiliki kapasitas intelektual, karakter yang kuat dan kualitas kepemimpinan dan dibarengi dengan attitude yang baik.

“Kepemimpinan adalah seni untuk mengajak orang lain, untuk sesuatu yang kita inginkan dan saya berharap adik- adik sekarang ini menjadi seorang pemimpin dan buat bangga kedua orang tua adik- adik semua, dimana pemimpin itu dibentuk dan siapkan adalah pemimpin yang akan berhasil dikemudian hari yang dibentuk dari berbagai pengalaman, keras hidup, serta belajar dari kisah inspiratif dari orang-orang yang sukses, bahwa dibalik kesuksesan mereka, mempunyai pengalaman hidup yang susah.”imbuhnya.

“Peran generasi muda dalam bela negara yakni harus membaca peluang, jangan mudah terpengaruh dengan lingkungan, yakin bahwa masa depan ada ditangan generasi muda dan bermimpilah dan wujudkan cita- cita siapkan diri kita hari ini untuk menghadapi tantangan kedepan. “Mari kita terus belajar berkarya dan berjuang dan wujudkan cita-cita adik-adik sekalian, jadilah legenda untuk ciptakan sesuatu yang baru di masa depan dan wujudkan dari sekarang,”pungkas Kasdim.

(Arda 72)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan