Pemberdayaan UMKM Kuliner Solo Melalui Festival Makan-Makan Mangkunegaran

Solo – Festival Makan-Makan Mangkunegaran, bagian dari perayaan Adeging Mangkunegaran ke-267 yang diselenggarakan oleh PermataBank, diikuti oleh 80 tenant dari Solo.

Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sujiwo, Pengageng Panti Budaya Mangkunegaran, menyatakan bahwa Festival Makan-Makan ini adalah upaya untuk memberdayakan UMKM kuliner lokal di Solo, serta abdi dalam yang berada di bawah Projo Mangkunegaran.

“Kita semua suka makan. Di sini ada 80 tenant dan 10 kuliner pilihan Mangkunegaran. Festival Makan-Makan ini merupakan ide dari KGPAA Mangkoenegoro X yang ingin memberdayakan masyarakat lokal dan abdi dalam,” kata GRA Ancillasura saat membuka acara Festival Makan-Makan di Pura Mangkunegaran pada Sabtu (27/4/2024).

GRA Ancillasura menambahkan bahwa festival makan-makan ini diharapkan dapat memperkenalkan kuliner khas Solo kepada warga sekitar dan luar Solo.

Selain itu, katanya, festival makan-makan ini merupakan langkah nyata Pura Mangkunegaran untuk memajukan ekonomi melalui kolaborasi demi kesejahteraan masyarakat Solo dan abdi dalam di bawah Projo Mangkunegaran.

Co-founder dan COO Katadata Indonesia, Ade Wahjudi, menambahkan bahwa semua tenant yang berpartisipasi di Festival Makan-Makan dikurasi langsung oleh Mangkunegaran.

Ade mengatakan bahwa pada tahun depan diharapkan akan ada lebih banyak lagi pilihan kuliner Mangkunegaran yang dapat ambil bagian dalam Festival Makan-Makan.

“Setiap tahun kita akan berupaya meningkatkan kualitas tenant, dengan harapan acara ini dapat menjadi festival yang membantu UMKM untuk lebih dekat dengan masyarakat. Khusus untuk masyarakat di luar Solo, mereka dapat melihat langsung makanan pilihan Mangkunegaran,” ujar Ade.

Glenn Ranti, Division Head Corporate Communication PermataBank, menambahkan bahwa PermataBank senang dapat berpartisipasi dalam perayaan ulang tahun Pura Mangkunegaran ke-267.

“Kami berharap dalam dua hari ini, masyarakat Solo dan sekitarnya dapat terhibur dengan rangkaian acara Adeging Mangkunegaran ke-267, mulai dari Festival Makan-Makan, Mangkunegaran Run in Solo, hingga Royal Dinner,” kata Glenn.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan