Babinsa Sidak Kios untuk Pantau Persediaan Sembako Pasca Lebaran

Sragen – Serka Slamet Sriyanto, seorang Babinsa Desa Geneng Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen, melakukan inspeksi mendadak ke kios Ibu Rumiyati di Dukuh Karangwaru, RT 17, Desa Geneng, Kecamatan Miri pada Jum’at (26/04/2024). Tujuan dari inspeksi ini adalah untuk memantau perkembangan harga sembako pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Sesampainya di lokasi, Babinsa langsung memeriksa toko yang menjual berbagai macam sembako seperti beras, gula, minyak goreng, dan lainnya. Ia aktif bertanya tentang perkembangan harga dalam beberapa hari terakhir.

“Tugas kami hanya mengecek harga-harga dan juga mengantisipasi lonjakan harga pasca lebaran. Jika ditemukan kenaikan harga yang signifikan, kami akan melaporkannya kepada Tim Satgas Ketahanan Pangan untuk tindakan lebih lanjut,” ujarnya.

Slamet juga mengingatkan agar para pedagang menjual barang sesuai dengan HET (Harga Eceran Tertinggi). “Kami terus memperbarui harga-harga bahan pokok dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen sambil memantau lonjakan harga pasca lebaran,” katanya.

Hasil pantauan Babinsa menunjukkan bahwa hampir semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga yang signifikan, mulai dari Rp750/kg untuk beras medium hingga Rp38.400/kg untuk daging sapi murni. “Sementara itu, terjadi penurunan harga pada daging ayam ras, minyak goreng curah, dan beberapa jenis ikan,” tambah Slamet.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan