Pelaporan Pelaksanaan Bulan Dana PMI Tahun 2023/2024 oleh Ketua PMI Kabupaten Sragen: Penggunaan Dana dan Target Pendapatan

Sragen – Dalam rangkaian Pembukaan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) 2024 di Kabupaten Sragen, dr. H. Ismail Joko Sutresno, Sp.OG(K), selaku Ketua PMI Kabupaten Sragen, memberikan laporan detil mengenai pelaksanaan Bulan Dana PMI pada tahun sebelumnya, yaitu 2023.

Dalam sambutannya, dr. Ismail menyampaikan salam serta rasa syukur kepada Allah SWT dan memohon maaf atas segala kesalahan yang terjadi. Dia juga mengucapkan selamat Idul Fitri kepada seluruh hadirin.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah gambaran singkat mengenai pelaksanaan Bulan Dana PMI Kabupaten Sragen tahun 2023:

Penggunaan dana Bulan Dana PMI 2023 meliputi:
1. Operasional Markas PMI
2. Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan Anggota PMI
3. Kegiatan Penanggulangan Bencana dan Pelayanan Ambulans Gawat Darurat
4. Pembangunan Aula Gedung Markas PMI

Pendapatan Bulan Dana PMI Kabupaten Sragen pada tahun 2023 mencapai Rp. 1.827.350.000,-.

Sementara itu, pengeluaran Bulan Dana PMI 2023 digunakan untuk hal-hal berikut:
1. Operasional Markas PMI
2. Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan Anggota PMI
3. Kegiatan Penanggulangan Bencana dan Pelayanan Ambulans Gawat Darurat
4. Pembangunan Aula Gedung Markas PMI

Selain itu, dr. Ismail juga menyampaikan target pendapatan Bulan Dana PMI tahun 2024 untuk berbagai kecamatan, dinas/instansi/kantor, bank, BKK, RS, klinik, perusahaan, dan SMA/SMK.

dr. H. Ismail Joko Sutresno, Sp.OG(K) selaku Ketua PMI Kabupaten Sragen (kiri) saat bacakan laporan, Bupati Sragen Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kanan) saat berikan sambutan.(foto/rafael)

Dalam penutupan laporannya, dr. Ismail berharap agar doa restu seluruh hadirin dapat menyertai langkah PMI Kabupaten Sragen. Dia juga mengumumkan rencana akreditasi yang akan dilaksanakan pada akhir Juni 2024, dengan harapan mendapatkan hasil yang positif.

Lebih lanjut Bupati Sragen Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan sambutan kepada para hadirin yang terdiri dari Kepala UPD Kantor dan instansi se Kabupaten Sragen, Camat, serta tamu undangan lainnya. Ia menyampaikan salam sejahtera kepada semua yang hadir, termasuk Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Sragen, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan semua yang hadir.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu direktur, kepala instansi servikal di Kabupaten Sragen, serta keluarga besar PMI Kabupaten Sragen. Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah atas segala limpahan rahmatnya, pagi hari ini kita bisa bersama-sama dalam acara pembukaan Bulan Dana PMI serta halalbihalal,” ujar Ketua Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen menyampaikan apresiasi atas partisipasi masyarakat dalam Bulan Dana PMI. “Semua target yang ditentukan selalu dapat terpenuhi, seperti yang terjadi pada tahun 2023 dengan target 1,8 miliar. Untuk itu, kami haturkan terima kasih karena tanpa semua pihak, tentu tidak mungkin bisa terwujud,” tambahnya.

Selain itu, Bupati Sragen juga memberikan masukan dan saran untuk penggunaan dana PMI di tahun-tahun mendatang. “Saya berharap agar sebagian besar dana yang terkumpul, setidaknya 50%, digunakan untuk kegiatan sosial, selain untuk operasional PMI. Dengan demikian, masyarakat akan lebih termotivasi untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk beramal,” tutur Bupati Sragen.

Dalam hal pengumpulan dana, Bupati Sragen menekankan pentingnya transparansi. “Kami akan memastikan bahwa setiap pelayanan di Kabupaten Sragen tidak ada pungutan liar. Kita akan memberikan penjelasan yang jelas dan detail kepada masyarakat tentang penggunaan dana ini,” tegasnya.

Ketua Bupati juga mengapresiasi kontribusi para ASN Kabupaten Sragen dalam Bulan Dana PMI. “Setiap bulan, dana matra yang terkumpul dari insentif atau TPP ASN, digunakan untuk kegiatan sosial. Ini merupakan kontribusi yang luar biasa dari ASN Kabupaten Sragen,” jelasnya.

Dalam hal ini, Bupati Sragen juga memberikan instruksi kepada para ASN. “Untuk tahun ini, saya meminta agar dana matra yang terkumpul dari ASN Kabupaten Sragen, sebesar 100 hingga 130 juta, diserahkan kepada PMI untuk menunjang Bulan Dana PMI. Dengan demikian, ASN tidak perlu lagi dipungut untuk menyumbang,” katanya.

Dalam acara tersebut, juga dibahas mengenai partisipasi perusahaan dan instansi lainnya. “Saya mengajak para perusahaan dan instansi lainnya, termasuk pimpinan cabang bank, untuk berpartisipasi dalam Bulan Dana PMI. Sumbangan dari semua pihak akan sangat berarti bagi masyarakat Kabupaten Sragen,” ujar Bupati Sragen.

Dalam penutupannya, Bupati Sragen berharap agar Bulan Dana PMI tahun ini dapat terwujud dengan baik. “Semoga target pengumpulan dana sebesar 1,8 miliar dapat tercapai dalam waktu satu bulan. Semua sumbangan dari masyarakat dan instansi akan digunakan dengan baik untuk kepentingan sosial,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan