Danrem 074/Warastratama Menghadiri Pembukaan Program TMMD Reg ke-120 Kodim 0726/Sukoharjo di Desa Wirun

 

Sukoharjo – Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., menghadiri upacara pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-120 TA. 2024 di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, pada Rabu (08/05/2024). TMMD kali ini mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.”

Bacaan Lainnya

Program TMMD merupakan wujud sinergitas antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam melaksanakan proses percepatan pembangunan di berbagai sektor.

Wakil Bupati Sukoharjo, Drs. H. Agus Santosa, selaku Inspektur upacara resmi membuka TMMD Reg ke-120 TA. 2024 Kodim 0726/Sukoharjo. Kegiatan dibuka dengan pemeriksaan pasukan, pembacaan laporan kesiapan, penandatanganan naskah berita acara, penyematan tanda peserta, dan penyerahan sarana kerja TMMD ke-120 TA. 2024 secara simbolis oleh Inspektur Upacara. Acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sukoharjo didampingi oleh Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., M.M., Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., dan Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Slamet Riyadi, S.E., selaku Dansatgas TMMD ke-120 TA. 2024 Kodim 0726/Sukoharjo.

Dalam sambutan Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sukoharjo, menjelaskan bahwa TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya program TMMD dalam menciptakan dinamika kegotongroyongan untuk membangun bangsa, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Saat ditemui oleh awak media, Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan, S.E., mengatakan bahwa kegiatan TMMD ini adalah wujud pelaksanaan dari 8 wajib TNI dalam mengatasi kesulitan di masyarakat.

“Kami, TNI, bersama Pemkab Sukoharjo, polisi, dan stakeholder bersama-sama untuk memajukan Kabupaten Sukoharjo melalui TMMD Reg ke-120 ini,” tegas Danrem.

Danrem menjelaskan bahwa selain sasaran fisik berupa Pembangunan Talud, Betonisasi, Pembangunan Urug Jalan Pertanian, Rehab RTLH sebanyak 2 unit, Rehab Masjid 1 unit, Rehab MCK 4 unit, dan Rehab Pos Kamling 1 unit, juga dilaksanakan pembuatan sumur dalam sebanyak 5 unit.

“Pembuatan sumur dalam ini sesuai perintah Bapak Kasad, yaitu TNI-AD manunggal air, karena air merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus senantiasa tersedia dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kolonel Inf Ali Akhwan.

Selain sasaran fisik, Danrem juga menjelaskan sasaran nonfisik TMMD, di antaranya Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara, Penyuluhan KB Kesehatan dan Stunting, Penyuluhan Pertanian, Rekam, dan Sosialisasi e-KTP, serta penyuluhan moderasi beragama dan sosialisasi UU Perkawinan.

Setelah menghadiri upacara pembukaan TMMD Reg ke-120 TA. 2024, Danrem 074/Warastratama bersama Forkopimda Kabupaten Sukoharjo melaksanakan peninjauan bazar murah UMKM dan menuju lokasi TMMD sasaran Betonisasi untuk melaksanakan peletakan batu pertama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan