Kirab Hajatan Ageng Jagalan 2024: Kolaborasi Budaya yang Menginspirasi Warga Surakarta

Surakarta – Kirab Hajatan Ageng Kelurahan Jagalan tahun 2024 berlangsung meriah dengan antusiasme tinggi dari warga setempat. Acara yang digelar di SMP 20 dan SD Negeri 81 ini mendapat sambutan hangat dari Lurah Jagalan dan Camat Jebres.

Lurah Jagalan Irjanto Yudha Andika membuka acara dengan sambutannya yang penuh semangat, “Yang terhormat Camat Jebres dan yang kami banggakan para peserta Kirab Hajatan Ageng Kelurahan Jagalan tahun 2024. Pertama-tama, marilah kita selalu panjatkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Pada siang hari ini, walaupun terik, kita masih diberi kesempatan berkumpul di tempat yang membanggakan ini.” Ucapnya

Irjanto Yudha Andika juga mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah SMP 20 dan SD Negeri 81 atas tempat yang dipinjamkan, serta kepada pemerintah Kota Surakarta atas dukungannya. “Kami juga tidak luput berterima kasih kepada Pemerintah Kota Surakarta yang telah membiayai kegiatan hajatan ini, memungkinkan kita menyelenggarakan acara semegah ini di Kelurahan Jagalan. Tepuk tangan untuk pemerintah Kelurahan Jagalan!”, Ucapnya.

Acara ini dimulai dengan Tari Kolosal Merti Lembu Miluhur, yang melibatkan warga Kelurahan Jagalan dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Latihan tari telah dilakukan sejak pertengahan bulan Mei hingga hari Jumat kemarin. “Apresiasi setinggi-tingginya kepada para penari Tari Kolosal. Tepuk tangan untuk mereka,” ujar Irjanto Yudha Andika.

Kirab Hajatan Ageng tahun ini diikuti oleh 45 kelompok yang terdiri dari 15 RW dan 30 instansi pendidikan, lembaga, dan komunitas di wilayah Kelurahan Jagalan. “Kami sangat berterima kasih kepada bapak ibu ketua RW, RT, dan lembaga yang telah menyukseskan hajatan ini.” . Jelasnya.

Lebih lanjut sambutan dari pemerintah Kota Surakarta diwakili oleh Camat Jebres Dyah Saraswati , yang juga menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih kepada warga Jebres, bapak ibu Ketua Pokdarwis se-Kecamatan Jebres, Pak Lurah Jagalan, ketua tim PKK, serta seluruh warga Kelurahan Jagalan yang saya hormati dan banggakan. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada sore hari ini kita masih bisa berkumpul dalam keadaan sehat.” Ucapnya.

Camat Jebres mengapresiasi konsistensi Kelurahan Jagalan dalam menjaga dan melestarikan budaya. “Event Hajatan Ageng Jagalan ini sudah ke-10 kalinya sejak dimulai pada tahun 2012. Ini adalah event budaya yang lama dan penting, bersamaan dengan Sewu dan Sudiro Prajan. Terima kasih kepada Pak Lurah beserta jajarannya, LPMK, serta ketua RT dan RW yang telah menyukseskan acara ini.”

Harapannya, acara ini dapat terus berlanjut dengan kemasan yang lebih baik di tahun-tahun mendatang, menjadi potensi wisata yang menguntungkan bagi Kota Surakarta. “Mari bersama-sama warga Kelurahan Jagalan menjaga kebersamaan dan persatuan, menjadikan Kelurahan Jagalan semakin maju,” tutup Camat Jebres.

Acara ini menjadi bukti nyata kolaborasi dan semangat gotong royong warga Kelurahan Jagalan, yang terus berusaha melestarikan budaya dan menjadikannya kebanggaan bersama.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan