Sponsor

Apakah Jus Tebu baik untuk Kehamilan?

manfaat jus tebu untuk kehamilan

foto : obatmaagterbaik.com

Karanganyar, Kabarjoglo.com : Apakah jus tebu bisa dikonsumsi selama kehamilan? Sudah banyak diketahui bahwa jus tebu dianggap sebagai minuman bergizi yang mengandung vitamin dan mineral bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dalam tebu mengandung magnesium, potasium, kalsium dan zat besi dan sejumlah besar vitamin A, B, C. Belum lagi gula alami dalam jus tebu tidak akan membuat tubuh Anda gemuk.

Tapi berapa banyak jus tebu per hari yang tepat untuk ibu hamil? Dan kapan waktu yang tepat untuk ibu hamil meminumnya? Biarkan kami menjawab pertanyaan tersebut disini!

Kapan ibu hamil boleh minum jus tebu?

Bagi ibu hamil boleh minum jus tebu dari bulan ketiga dan seterusnya dan secara bertahap dikurangi konsumsinya pada bulan-bulan terakhir.

Pada bulan-bulan awal atau akhir kehamilan, ibu harus minum lebih sedikit untuk menghindari bahaya pada janin karena tebu itu disolder mudah menyebabkan perut dingin. Ibu harus menikmati segelas jus tebu sehari untuk memberi nutrisi penting bagi kehamilan yang sehat.

Apa Saja Manfaat jus tebu untuk ibu hamil?

Dengan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan, jus tebu merupakan minuman tak terpisahkan dalam kehamilan setiap wanita. Jadi apa manfaat jus tebu untuk ibu hamil, cari tahu lebih lengkapnya dibawah ini:

1. Sediakan vitamin dan mineral yang penting bagi ibu dan bayinya

Tebu mengandung gula alami dan banyak mineral seperti kalsium, magnesium, potassium dan zat besi, bersama dengan vitamin A, B, C, dan 30 asam organik sehat lainnya. Nutrisi mikronutrien ini penting untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu.

Saat mengonsumsi tebu atau jus tebu akan melengkapi kebutuhan air ibu dan gula alami untuk membantu mengurangi kelelahan, hindari depresi saat hamil. Di musim panas, jus tebu dianggap sebagai penyegaran efektif bagi ibu hamil.

Jika ibu lapar atau hipoglikemik, bisa menambahkan energi ke tubuh dengan meminum segelas jus tebu. Dengan cara ini, penting untuk memastikan bahwa tingkat energi yang Anda butuhkan setiap hari untuk perkembangan janin dan tubuh yang sehat.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan kecantikan kulit

Jus tebu mengandung antioksidan flavonoid dan anti-inflamasi fenolik, mengurangi gejala alergi membantu kesehatan tubuh ibu. Ini membantu ibu untuk memiliki ketahanan tinggi selama kehamilan 9 bulan 10 hari.

Selain itu, jus tebu juga mengandung asam alfa hidroksil untuk membantu mengurangi noda kulit, jerawat, keriput atau pigmentasi kulit akibat perubahan hormonal pada tubuh wanita hamil.

Seiring pertumbuhan bayi pada bulan keenam dan seterusnya, ibu mungkin mengalami kesulitan buang air kecil atau kencing karena berat janin yang tumbuh yang mempengaruhi saluran kemih. Gejala tidak nyaman ini hilang atau hilang saat ibu minum jus tebu secara teratur selama selang waktu antara kehamilan. Antioksidan yang ada dalam jus tebu akan membantu tubuh mencegah infeksi saluran kemih.

3. Dukung sistem pencernaan dan kurangi morning sickness

Dalam kasus morning sickness bisa menggunakan metode pencampuran segelas jus tebu bersamaan dengan sedikit minum jahe segar di siang hari yang akan menyebabkan morning sickness berkurang secara signifikan. Di tebu juga memiliki jumlah potasium yang diperlukan untuk membantu tubuh meningkatkan metabolisme makanan dengan lancar mencegah sembelit yang tidak baik bagi ibu hamil selama kehamilan. Selain kulit, jus tebu juga membantu melawan gastritis dengan sangat baik dan efektif.

4. Mempertahankan dan menstabilkan gula darah

Jus tebu adalah gula alami, namun memiliki indeks glukosa darah rendah, sehingga tidak membahayakan tubuh meski kelebihan asupan. Padahal, jus tebu aman untuk penderita diabetes, sehingga ibu tidak perlu khawatir lonjakan glukosa dari minum jus tebu setiap hari. Dalam segelas gula tebu yang hanya mengandung 13% gula alam dan air dan mineral.

Catatan saat menambahkan jus tebu ke ibu hamil

Tebu memiliki banyak efek bagus bagi ibu tapi ibu tidak boleh menggunakannya sebagai makanan utama pada menu sehari-hari. Meski ada banyak kegunaan namun bila mereka menyalahgunakannya terlalu banyak, sangat mudah untuk menyebabkan kembung, gangguan saluran cerna yang tidak baik untuk ibu dan bayi.

Selama kehamilan tubuh ibu perlu menambahkan berbagai sumber makanan mulai dari yang mentah sampai matang untuk memenuhi kebutuhan janin. Jika Anda minum jus tebu setiap hari, Anda tidak akan bisa memberi cukup nutrisi yang dibutuhkan janin dan juga tubuh. Karena itu, sang ibu harus membangun aneka hidangan dalam makanan sehari-hari untuk membantu ibunya dan bayinya berkembang secara komprehensif.

Ibu hamil juga harus membatasi jus tebu jika Anda tidak menginginkan tubuh bertambah gemuk. Minum jus tebu mentah akan menyebabkan ibu bertambah gemuk dengan cepat karena kandungan gula yang melekat pada jus tebu. Dan saat minum jus tebu ibu juga harus membatasi penambahan es batu karena menyebabkan kontraksi rahim.

Sekian itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat jus tebu untuk ibu hamil yang bisa kalian jadikan sebagai bahan pelajaran yang baru selama kehamilan. Intinya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jadi ketika hamil konsumsilah makanan sesuai takaran yang tepat agar benar-benar bermanfaat untuk kesehatan kehamilan.

Bagikan ini ke :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Sponsor

SPONSOR