Sponsor

Legit Manis Lembut Di Mulut,Durian Beji Sidomulyo Ampel

Gunawan saat memperlihatkan durian yang sudah di pesan pembeli

 

Boyolali,Kabarjoglo.com – Mewarisi tinggalan orangtua berupa pohon buktinya dapat menjadi rejeki berjalan yang dirasakan oleh Gunawan, warga Dukuh Beji RT 002/ RW 003. Pohon yang diwariskan tidak sembarang pohon karena merupakan bakal dari raja buah yang sering kita sebut Durian. Durian merupakan buah dengan harga jual semakin tinggi setiap tahunnya, rasa legit, manis dan pahit menjadi kekuatan bagi buah berkulit duri ini termasuk Durian Lokal milik Gunawan yang memiliki citarasa yang kuat.

Pohon durian terbesar milik gunawan didampingin perangkat desa sidomulyo ampel boyolali

Bermodalkan 11 pohon Durian setiap tahun ia bisa memanen 2 hingga 3 kali saat awal tahun dan akhir tahun, ratusan Durian bisa ia panen terutama saat memasuki panen raya setiap hari ia bisa memanen setidaknya 30 buah Durian. Harga yang dipatok tergantung dari ukuran buah, dimana paling kecil dijual Rp25.000 hingga Rp30.000 sedangkan ukuran besar mencapai Rp70.000 per buah. Pembelinya pun beragam, mulai dari sekitaran Ampel hingga Simo dan Sragen berdatangan untuk menikmati Durian Gunawan. Jika anda ingin memesan Durian Lokal Beji jangan sungkan menghubungi 085727326867.

Gunawan mengungkapkan, daging buah legit dan manis berasal dari pohon durian yang berusia tua, rata-rata pohon miliknya berusia puluhan tahun bahkan ada berusia ratusan yang terletak disamping rumahnya, dari jaman kakeknya dahulu pohon tersebut sudah tumbuh kokoh dikebun . Selain menikmati hasil menjadi petani Durian ia juga kerap merasakan pahitnya saat pohon gagal buah, bunga durian rontok, rasa daging durian yang hambar, cuaca menjadi faktor utama dalam pertumbuhan buah durian bahkan parahnya tahun kemarin hanya 30 buah yang bisa dipanen dan hasilnya pun kurang bagus.

Saat ini ia hanya berharap bisa merawat pohon Duriannya dengan baik meskipun kesulitan bertani sering ia alami. Tak hanya Gunawan yang menjadi petani rumahan tetapi warga Dukuh Beji lainnya juga memetik hasil saat panen raya karena memang setiap pekarangan rumah memiliki pohon Durian yang juga dilirik Pemerintah Desa menjadi Potensi Besar.

Pemerintah Desa berencana mengadakan Festival Durian tahun depan untuk memberikan wadah lebar bagi para petani Durian Desa Sidomulyo dalam mengembangkan dan meningkatan penghasilan. Agenda Festival Durian diharapkan dapat menarik minat masyarakat luar dan membuat Sidomulyo memiliki ikon baru sebagai penghasil Durian Lokal terbaik.

 

Reporter : Dwi Nur Hayati

 

Bagikan ini ke :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Sponsor

SPONSOR