Satgas Berbagi Ilmu Cara Bercocok Tanam Hidroponik Di Perbatasan

Kabarjoglo.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Sektor Timur, Mako Satgas memberikan pengetahuan tentang cara penanaman tanaman Hidroponik kepada anak-anak Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu.

Cara penanaman tanaman hidroponik ini dimulai dari cara penyiapan tempat untuk tanaman hidroponik, penyemaian, pembibitan, pemupukan dan proses penyiraman. Tujuan dari memberikan pengetahuan tentang cara penanaman tanaman Hidroponik ini agar anak-anak di perbatasan khususnya Desa Umanen ini dapat bercocok tanam dengan alat yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah serta memberikan ilmu yang bermanfaat dalam bidang pertanian.
Dalam hal ini anggota Mako Satgas Pamtas RI-RDTL yang dipimpin langung oleh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P. melalui Sertu Mardiono tertarik untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan cara bercocok tanam dengan metode Hidroponik, karena masyarakat di Desa Umanen masih belum mengenal metode Hidroponik, melalui pemberian pengetahuan kepada anak-anak muda Desa Umanen diharapkan dapat dilakukan di rumahnya masing-masing dan kemudian kami berharap bisa diajarkan kepada teman, saudara, dan orang tuanya yang rata-rata mendapat penghasilan dengan cara bercocok tanam.
Adapun tanaman yang bisa ditanam dengan metode Hidroponik, seperti Cabai, Tomat, Tauge, Kacang Panjang, Kacang Hijau. Adapun sarana yang disiapkan seperti botol aqua bekas yang dipotong kecil, kapas, busa, dan media yang utama adalah tanah yang mengandung unsur hara (humus) dan pupuk.
Salah satu anak desa Umanen Leo (13) mengatakan sangat senang mendapat pengetahuan menurut Leo ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-temannya, selain itu juga dapat menambah ilmu bagi dirinya dan juga Leo berjanji akan mengajarkan metode Hidroponik kepada teman-temannya yang di Sekolah.
Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi daerah perbatasan, Sertu Mardiono, “ Kami sebagai Satgas bukan hanya melaksanakan tugas pokok, tetapi juga harus bisa membantu salah satunya memberikan ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat wilayah perbatasan”. Sebagaimana motto Satgas Yonif Raider 408/Sbh yaitu Merah Putih Berkibar Bersatu membangun Negeri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan