Satgas Pamtas RI-RDTL Gandeng Stasiun Radio Gelar Penyuluhan Kesehatan

Category : Kabar NKRI

Kabarjoglo.com –  Bertempat di SMA Taruna Mandiri Fatubenao Atambua, Sabtu 16 Pebruari 2019. Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh bekerjasama dengan Radio Favorit 98,2 FM Atambua dan AXIS mengadakan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja bagi 200 Siswa SMA Taruna Mandiri, Kegiatan ini dihadiri oleh Stefanus Mali, S.Pd.M.Pd selaku Kepala Sekolah. Adapun pemberi materi adalah Letda Ckm dr Kiagus Handrian Parikesit sebagai dokter Satgas.

Dalam acara tersebut Dokter Satgas menyampaikan tentang bagaimana kesehatan reproduksi remaja. Kesehatan reproduksi remaja adalah kondisi sehat yang menyangkut sistem fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Dimana masa remaja adalah masa transisi yang unik dan dilandasi oleh berbagai perubahan fisik emosi dan psikis.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu program Pemerintah dalam hal ini BKKBN.

Besarnya jumlah dan proporsi penduduk usia kerja ini membawa implikasi berupa kebutuhan mendasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di kelompok usia produktif.

Upaya peningkatan kualitas SDM ini nantinya akan menentukan keberhasilan Indonesia mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045. Karena itu, penanganan isu dan masalah kualitas penduduk sama pentingnya dengan masalah kuantitas penduduk.
Diantara faktor penyebab masih rendahnya kualitas penduduk kita adalah masih besarnya jumlah angkatan kerja yang kurang produktif. Masih banyak yang berkeluarga tanpa perencanaan yang matang, separuh wanita Indonesia menikah di usia kurang dari 21,6 tahun (SDKI 2017).

Lebih jauh lagi, angka kelahiran (age-specific fertility rate/ASFR) di antara wanita kelompok usia 15-19 tahun masih tinggi, yaitu 36 kelahiran per 1.000 wanita.

Related Posts