Satgas Pamtas RI-RDTL Gelar Pelatihan Dokter Kecil, Ini Tujuannya

Atambua,Kabarjoglo.com – Selasa (26/02/2019) Pelatihan Dokter Kecil sebagai bagian dari Kegiatan Program Kesehatan, khususnya Upaya Kesehatan Sekolah (UKS). Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali oleh Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh pada minggu ke-III di Madrasah Iptidaiyah Atambua.

Dokter kecil merupakan peserta didik yang dipilih guru guna ikut melaksanakan sebagian Usaha Pelayanan Kesehatan (UKS) terhadap diri sendiri, keluarga, teman murid, pada khususnya dan sekolah pada umumnya. Kegiatan Pelatihan Dokter Kecil diikuti oleh 60 siswa/i dari dibagi kedalam 2 kelas.

Tujuan Pelaksanaan Pelatihan Dokter Kecil adalah meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS dan siswa/i mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, keluarga dan orang lain untuk hidup sehat. Adapun kriteria siswa/i peserta Pelatihan Dokter Kecil antara lain telah menduduki kelas 4 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, siswa kelas 5 dan 6 yang belum pernah mendapat Pelatihan Dokter Kecil, berprestasi di sekolah, berbadan sehat, berwatak pemimpin dan bertanggungjawab, berpenampilan bersih dan berperilaku sehat, berbudi pekerti baik dan suka menolong dan di izinkan orang tua.

Materi atau pokok bahasan dalam Kegiatan Pelatihan Dokter kecil yang di berikan antara lain materi PHBS, UKS, CTPS , Kesehatan Gigi dan mulut, Penyakit Menular dan Tidak Menular dan Imunisasi.

Meskipun banyak materi yang diberikan siswa/i tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan, karena sebelum pergantian materi siswa/i diajak untuk melakukan peregangan, refeleksi dan games agar siswa/i tidak bosan dan jenuh. Sebelum pelatihan dimulai peserta pelatihan diberikan soal pre-test untuk mengukur pengetahuan awal sebelum diberikan materi dan diberikan post-test setelah pemberian materi selesai untuk mengukur peningkatan pengetahuan setelah diberikan materi, dan dari hasil menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dari setelah siswa/i mengikuti pelatihan.

Dari kegiatan Pelatihan Dokter Kecil yang telah dilakukan diharapkan siswa/i mampu bersikap dan berperilaku sehat, mampu mengajak serta mendorong murid lainnya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing dan berperan aktif dalam kampanye kesehatan yang diselenggarakan di sekolah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan