Babinsa Cawas Bersama Team Kesehatan Lakukan Aksi Simpatik berburu Jumantik antisipasi DBD

Klaten,Kabarjoglo.com – Guna menanggulangi dan mencegah penyakit DBD yang di sebabkan nyamuk Aedes Aigepty Babinsa Koramil 20 Cawas Serka Didik Triyanta bersama team Kesehatan Puskesmas menggelar aksi simpatik berburu Jumantik dengan mendatangi rumah warga di Desa kedungampel Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.
Jum’at (1/3/2019).

Kedatangan Babinsa dan Team Kesehatan Jumantik sempat menghebohkan warga sekitar, yang melakukan door to door ke setiap rumah warga mensosialisasikan pentingnya menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta melakukan pemeriksaan kondisi jentik nyamuk di kamar mandi, maupun tempat penampungan air.

“Ini murni aksi simpatik, untuk menekan jumlah korban penderita DBD, Jika ada botol, wadah yang menampung air juga langsung kita beritahukan kepada warga, agar dikubur,” terangnya.

Aksi Simpatik berburu Jumantik ini guna mengendalikan perkembangbiakan nyamuk aides agepty, sehingga mengurangi resiko terjangkitnya DBD.

Menurut Babinsa Serka Didik Triyanta kegiatan Aksi simpati berburu jumantik ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kesehatan masyarakat.

“Kita ingin memberikan penyadaran dengan metode pendekatan secara langsung, agar timbul kepedulian juga dari warga setempat,” Jelas Serka Didik Triyanta.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungampel Ino menyambut baik adanya kegiatan aksi peduli berburu Jumantik tersebut. Dengan demikian, akan timbul kesadaran dari masyarakat secara bersama-sama melakukan PSN dan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami pihak desa sangat berterimakasih, kalau bisa secara berkelanjutan ada pendampingan dan pemantauan,” tandasnya.

Tampak hadir dalam Kegiatan tersebut Drg Susana Hariyani dari Puskesmas Cawas 1, Triyatno Skm dari Puskesmas Cawas 2, Babinsa Koramil 20 Cawas, Team Jumantik Puskesmas sebanyak 15 Orang, Kades dan Perangkat Desa Kedungampel serta Warga Masyarkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan