Danramil Kota Klaten Hadiri Perayaan Dharma Shanti Nyepi Umat Hindu

Klaten,Kabarjoglo.com – Peringatan Dharma Shanti Nyepi Umat Hindu bersama anggota KORPRI, TNI, POLRI STHD, Cakra Husada Dan PHDI Kabupaten Klaten Tahun Saka 1941/2019 Masehi berlangsung di Pendopo Pemda Klaten Jl Pemuda No 294 Klaten dengan tema ” Melalui Catur Bratha Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019″ yang diikuti sekitar 1000 orang (25/03/19).

Kegiatan dihadiri oleh Hj. Sri Mulyani Bupati Klaten, Mayjend TNI Pur. Ngakan Gede Sugiyartha Garjitha, SH Pendharma wacan, I Nyoman Suraharta SH Ketua PHDI Provinsi Jawa Tengah, Drs I Dewa Made Artayasa Bimas Hindu Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Ir Hendrata Wisnu Ketua PHDI Kab Klaten, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, DanDodiklatpur Rindam IV /Dip, Kompol I Komang Sarjana Waka Polres Klaten, Kapten Czi Rusmani Danramil 01 Klaten dan Umat Hindu Se Kab Klaten

Tukiyono S. Ag selaku Panitia Penyelenggara mengucapkan banyak terimakasih kepada Hj Sri Mulyani Bupati Klaten yang mana sudah memberikan ijin untuk menggunakan pendopo kabupaten untuk penyelenggaraan Dharma Shanti Nyepi Umat Hindu bersama anggota KORPRI, TNI, POLRI STHD, Cakra Husada Dan PHDI Kabupaten Klaten.

“ Hari Nyepi merupakan Hari Raya umat Hindu yang jatuh setiap satu tahun sekali, Hari Raya Nyepi menjadi momentum untuk introspeksi dan mawas diri melalui Catur Bratha penyepian, yakni amati geni (menahan amarah dan hawa nafsu), amati lelungan (tidak bepergian), amati lelanguan (tidak foya-foya), dan amati karya (tidak bekerja) “ kata Tukiyono,S.Ag.

Sementara itu Hj Sri Mulyani Bupati Klaten dalam sambutannya mengatakan rangkaian kegiatan Perayaan Nyepi diorientasikan untuk melaksanakan Dharma Negara dan Dharma Agama, guna Memayu Hayuning Bawana, yaitu keharmonisan Makro dan mikro kosmos, keselarasan dan keharmonisan lahir dan batin. Keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dan alam, serta keharmonisan dengan sesama ciptaan Tuhan, sehingga terwujud kehidupan masyarakat yang tata titi tentrem kerto lan raharjo sebagaimana yang diajarkan dalam Tri Hita Karana.

“ Pelaksanaan Perayaan Nyepi pada tahun ini mengambil tema nasional: “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Sukseskan Pemilu 2019”. Oleh karena pemerintah adalah sebagai guru Wisesa, maka segala program pemerintah selalu didukung dan disukseskan sebagai kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bakti, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar tida kendala yang berarti “ tutur Bupati Klaten

Dalam kegiatan tersebut Bupati Klaten menyerahkan beasiswa sekolah dari umat hindu kepada 27 siswa, untuk SMU sebesar Rp. 600, SMP sebesar Rp. 500, SD Rp. 400, sebanyak 27 siswa. (Pendim 0723/Klaten)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan