Apel Resik- Resik Keraton bersama TNI, Polri dan Instansi terkait

Solo,Kabarjoglo.com – Bertempat di Halaman Parkir Kamandungan Komplek Keraton Kasunanan Surakarta Jl. Sasono Putro No. 01 Rt. 01 Rw. 01 Kel. Baluwarti Kec. Pasar Kliwon Kota Surakarta telah berlangsung Apel Resik- Resik Keraton bersama TNI, Polri dan Instansi terkait ± 1200 orang dalam rangka Persiapan Tingalan Dalem Jumenengan SISKS Paku Buwono XIII Ke 15 Tahun 2019, Jumat (29/3/2019). Bertindak selaku Pimpinan Apel adalah Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemprov Jateng dengan Penanggung jawab kegiatan Sekda Prov. Jateng Dr. Ir. Sri Puryono Soedarmoningrat, M.P.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP., Sekda Prov. Jateng Dr. Ir. Sri Puryono Soedarmoningrat, M.P, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M., Asisten Deputi 1 Polhukam Mayjen TNI Wawan Kustiyawan, Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, S.H., S.IK., Kasrem 074/Wrt Letkol Inf Yudi Purwanto, S.M., Asisten 1 Pemprov Jateng Sarwa Pramana, SH., M.Si., Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dan Ketua DPRD Kota Surakarta Drs. Teguh Prakoso, M.M.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP., menyampaikan bahwa Apel Resik- Resik Keraton bersama TNI, Polri dan Intansi ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan lingkungan kawasan Keraton Solo yang bersih dan kinclong. Apalagi keraton ini adalah bagian dari sejarah kebudayaan, sekaligus obyek wisata. Maka sudah semestinya asset ini harus selalu dijaga, supaya bersih njaba njerone, lahir dan batin. Dengan demikian Keraton Kasunanan yang berdiri sejak tahun 1744, tetap moncer sepanjang masa dengan segala keindahan bangunan dan warisan budayanya.

Lebih Lanjut Gubernur Jateng berharap, resik-resik secara massal seperti ini bisa ditradisikan dan menjadi agenda rutin. Sehingga kita bisa memberikan contoh pada masyarakat bahwa gotong royong sebagai karakter Jawa Tengah harus terus dijaga. Apalagi Jawa Tengah memiliki branding Jateng Gayeng, yang guyub, rukun, bergotong royong dan harmonis dalam membangun kehidupan masyarakat di Jawa Tengah.

“Terkait hal tersebut, mari kita jadikan diri pribadi sebagai pelopor untuk menggairahkan kembali semangat bergotong royong dalam kebaikan, seperti halnya kegiatan hari ini yang dihadiri berbagai elemen masyarakat” pungkas Gubernur Jateng. (Penrem074/Wrt)

Bagikan ini ke :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp