Sebanyak 40 Anggota Saka Wira Kartika Digembleng Koramil 05/Baturetno

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com — Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Sebanyak 40 peserta uji krida angkatan ke-3 yang terdiri dari 15 orang putri dan 25 orang putra, Binaan Koramil 05/Baturetno Kodim 0728/Wonogiri dengan dbawa kendali pamong instruktur Serma Eko Prasetyo, Serda Wahyudi, Bpk Ketut, Ibu Novika Angkatan ke-1 sebanyak 18 orang dan angkatan ke-2 sebanyak 11 orang, di hari Minggu (28/4) sebagai hari terakir dalam kegiatan, ini masih mengambil lokasi di Bukit Jonambang Desa Watu Agung Kecamatan Baturetno Wonogiri. dengan kegiatan Uji Krida Saka Wira Kartika “Raden Mas Said”.

Serma Eko Prasetyo selaku Pamong Istruktur menyampaikan. Uji Krida angkatan ke-3 Binaan Koramil 05/Baturetno Kodim 0728/Wonogiri telah berjalan selama 3 (tiga) hari dimulai hari Jumat, Sabtu dan Minggu (26-28 April 2019) untuk kegiatan hari pertama, melaksanakan teori pengenalan kompas Prisma dilanjutkan Praktek Kompas Bintang, kemudian melaksanakan nonton Film Perjuangan yang berjudul Merah Putih Memanggil.

Kegiatan hari Kedua, melaksanakan Praktek baca Peta-Kompas di areal Kecamatan Baturetno, dilanjutkan dengan materi Mountainnerring dan Pionering, dan hari ketiga, melaksanakan kegiatan pengenalan tentang Binatang melata di Lapangan Tanjung Baturetno yaitu ular yang berbisa dan tidak berbisa, selanjutnya materi Penyeberangan Basah yang berlokasi di Sungai Jangllt Baturetno.

Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh S.Sos., MH. ditempat terpisah menjelaskan bahwa, “Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Dandim

“Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai,” pungkas Dandim. (Pendim 0728/wng).

Related Posts