Babinsa Desa Suci Bantu Petani Siapkan Benih Siap Tanam

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Babinsa Desa Suci Serda Samsu Ashar anggota Koramil 13/Pracimantoro Kodim 0728/Wonogiri melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu anggota Kelompok Tani(Poktan) Sedyo Mekar menyiapkan benih padi siap tanam di lahan bapak Wawan Manfaato warga Dusun Suci, RT 02/01 Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Jum’at(10/5).

Benih merupakan faktor penentu keberhasilan petani dalam bercocok tanam, karena mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan produksi padi saat panen. Setelah proses penyemaian, benih yang sudah cukup umur diseleksi lalu ditanam.

Kegiatan pendampingan dilakukan Serda Samsu Ashar dalam bentuk “Ndaut”, atau mencabut bibit padi. Kegiatan “Daud atau Ndaut” yaitu mencabut bibit padi dari persemaian yang sudah siap tanam. Ndaut ini dikerjakan setelah lahan siap dan umur bibit dirasa cukup. “Petani terbiasa mempersiapkan bibit padi beberapa saat sebelumnya, sehingga ketika pengerjaan lahan selesai, bisa langsung “ndaut” untuk segera tanam”, ucap Babinsa, Serda Samsu.

Serda Samsu Ashar menyampaikan bibit padi yang disemai adalah Ciherang Jumbo dan Mikongga dengan Luas persemaian 50 m2, dan Luas lahan yang akan ditanami adalah seluas 1,5 hektar dengan menggunakan sistim tanam jajar legowo.

Dengan bersama-sama, Babinsa melaksanakan pendampingan terhadap petani. Hal ini merupakan wujud peran Babinsa yang selalu bersinergi dengan petani. Babinsa tidak hanya mendampingi namun sekaligus memberikan motivasi kepada para petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan sawahnya, (Pendim 0728/Wng).

Related Posts