Desa Pokak Klaten Gelar Tradisi Bersih Sendang Sinongko

Klaten, Kabarjoglo.com – Ratusan Warga Desa Pokak, Kecamatan Ceper, Klaten, menggelar pawai budaya hasil bumi dan tradisi bersih sendang Sinongko wilayah Setempat.Rabu (4/9/2019)

Kepala Desa Pokak Suciati mengatakan tradisi bersih sendang Sinongko dilaksanakan setahun sekali, yakni setiap Jumat Wage di musim kemarau. Dalam tradisi bersih sendang Sinongko tersebut warga Desa Pokak menyembelih sekitar seratus ekor kambing yang dibeli secara gotong royong dan kemudian dimasak bersama-sama.

“Ritual diadakan di sendang Sinongko karena sendang itu menjadi sumber pengairan bagi sawah milik warga sekitar yang luasnya mencapai puluhan hektar. Kegiatan ini juga ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen warga yang menggunakan sumber air di sendang Sinongko,” kata Suciati.

Sementara itu Camat Ceper Supriyono menambahkan, pihaknya mengapresiasi acara bersih sendang Sinongko dan kirab budaya hasil bumi yang di gelar warga Desa Pokak tersebut.

“Selain lebih mengenalkan potensi desa, juga untuk menguri uri budaya karena Desa Pokak merupakan desa wisata,” tutupnya singkat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan