Sponsor

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Korem 074/Warastratama Terima Penyuluhan Kesehatan

Solo,Kabarjoglo.com  – Virus Corona saat ini menjadi trending pembicaraan di seluruh dunia. Diawal tahun 2020 ini, dunia digemparkan dengan menyebarnya virus baru yaitu coronavirus atau virus corona yang mematikan. Diketahui, asal mula virus ini berasal dari Wuhan, Cina dan ditemukan pada akhir Desember tahun 2019. Kini telah mewabah hingga ke Jepang, Korea, Amerika Serikat, Malaysia hingga ke Singapura.

Virus Corona merupakan virus yang bersifat Zoonosis, yang penularannya terjadi antar hewan ke manusia dengan cara kontak melalui udara, dengan gejala awal demam diatas 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, batuk kering atau basah, kesulitan bernafas dan ada riwayat bepergian ke dan atau dari Wuhan/Cina dalam 14 hari terakhir.

Cepatnya penyebaran virus tersebut ke berbagai negara, menjadi perhatian khusus di Indonesia. Karena itu, sejumlah daerah diminta untuk turut serta mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Untuk itu, guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona ini, Prajurit dan PNS Makorem 074/Warastratama serta Balak Aju Kodam IV/Diponegoro diberikan penyuluhan kesehatan tentang “Kewaspadaan Dan Pencegahan Penyakit Pneumonia Virus Corona” oleh Dandenkesyah 04.04.04 Surakarta Letkol Ckm dr. Wijiono Sp.OT(K) Hip& Knee, Senin (3/02/2020).

Diterangkan Dandenkesyah 04.04.04 Surakarta, bahwa Virus Corona sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus Corona menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis Virus Corona ternyata bisa berdampak serius dan mengakibatkan Pneumonia Coronavirus nCoV yakni peradangan pada Parenkim paru. Kebanyakan virus tersebut menyebar seperti virus influenza pada umumnya.

Lebih lanjut dijelaskan Letkol Ckm dr. Wijiono Sp.OT(K) Hip& Knee untuk pencegahan virus Corona ini diantaranya hindari bepergian ke Cina atau ke negara lain yang telah ditemukan adanya penularan virus Corona, menjaga kebersihan tangan dan mencuci tangan sesuai standar WHO, ketika memiliki gejala saluran napas gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan serta hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran nafas. (Penrem074/Wrt)

Bagikan ini ke :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

Sponsor

SPONSOR