Hari ini : Minggu, 27 September 2020 15:31

Bidan Dan Babinsa Koramil 22/Slogohimo Cek Satu Persatu Masyarakat Gemawang

Wonogiri, Kabarjoglo.com  – Tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengecek dan mengetahui seperti apa kondisi dan kesehatan masyarakat. “Di sini, kondisi kesehatan masyarakat akan dicek satu persatu dan didatangi tiap rumah oleh petugas kesehatan Puskesmas,” penyampaian Koordinator PISPK Puskesmas Slogohimo Alfin Audina kepada rombongan di Posko Pertemuan PISPK Kec. Slogohimo milik Sukadi.

Kegiatan PISPK ( Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ) yang dilaksanakan di Lingkungan Gemawang, Kelurahan Bulusari, Kecamatan Slogohimo diikuti oleh Lurah Bulusari Mulyono, Babinsa Koramil 22/Slogohimo Koptu Sujoko dan Koptu Awaludin, Sekretaris Kelurahan Bulusari Sri Lestari, Koordinator PISPK Puskesmas Slogohimo Alfin Audina, Bidan Kelurahan Bulusari Ira Sarmanti beserta Bidan se-Kecamatan Slogohimo, Senin(3/2).

Babinsa Koptu Sujoko menyampaikan, Kegiatan PISPK ini dilaksanakan satu tahun sekali, guna mengetahui kesehatan warga yang telah didata pada tahun sebelumnya dan dilaksanakan validasi data ulang disertai dengan pengecekan kesehatan ulang dari Petugas Puskesmas.

Lebih lanjut dikatakan, Babinsa harus ikut aktif melaksanakan pendampingan program-program dari Puskesmas untuk mengetahui kesehatan para warga yang ada di wilayah binaannya sehingga apabila ditemukan suatu masalah akan secara cepat pula mencarikan solusi dengan dibantu oleh instansi terkait.

Koptu Sujoko pada kesempatan tersebut juga menyampaikan pentingnya peran keluarga dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, karena Keluarga merupakan komponen penting dalam upaya pencegahan penyakit selain peran dari kualitas lingkungan dan sarana serta prasarana kesehatan. Perilaku hidup sehat yang didapatkan sejak dini akan memicu kesadaran terhadap pentingnya kesehatan, baik di keluarga maupun masyarakat, pungkasnya.

Kegiatan diawali dengan pendataan seluruh keluarga menggunakan formulir Profil Kesehatan Keluarga (Prokesga) dan Paket Informasi Kesehatan Keluarga (Pinkesga), (Pendim0728/Wng).

Close
Close

SPONSOR