Longsor Setinggi 15 Meter Menutupi Ruas Jalan, Ini Yang Dilakukan Babinsa Bersama Relawan

Longsor Setinggi 15 Meter Menutupi Ruas Jalan, Ini Yang Dilakukan Babinsa Bersama Relawan

Wonogiri, Kabarjoglo.com   – Babinsa Koramil 20/Kismantoro Kopda Rudi bersama masyarakat Rt 02/04 Dusun Gandring Desa Pucung Kecamatan Kismantoro bergotong-royong mengevakuasi material longsor setinggi lebih kurang 15 meter yang menimbun jalan desa. mengakibatkan akses jalur Bandulan Trolelo terganggu.

Danramil Kismantoro Kapten Inf Prahwoto melalui Koda Rudi mengungkapkan, longsor dikarenakan kontur tanah yang tidak rata antara tebing dan jurang. Selain itu di sana juga minim pohon penguat.

”Pagi ini, Selasa (3/3) kami bersama relawan dari KRI bersama masyarakat melakukan pembersihan material longsoran. Kami mengimbau masyarakat agar selalu waspada,” terangnya.

Seperti diketahui, Dusun Gandring Desa Pucung  merupakan perbatasan antara Kabupaten Pacitan Jatim dan Kabupatenn Wonogiri. Kontur tanah yang tidak rata antara tebing serta jurang di wilayah ini berpotensi besar terjadinya bencana tanah longsor apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. “Titik jalan yang tertimbun longsor berada di sebelah barat objek wisata Rimong Indah,” ungkap Kopda Rudi.

Kopda Rudi menambahkan, untuk sementara jalan masih belum bisa dilalui kendaraan karena material longsor belum seluruhnya dievakuasi karena terkendala alat.

Kopda Rudi mengimbau masyarakat agar senantiasa waspada dan segera melapor Pemdes apabila terjadi bencana. Hal ini agar dapat segera dilakukan penanganan untuk meminimalisasi dampak bencana.

Selain itu, selaku Babinsa Kopda Rudi juga berharap agar banyak dilakukan penghijauan di lereng-lereng pegunungan maupun perbukitan demi mencegah terjadinya bencana tanah longsor. (Pendim 0728/Wng)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan