Hari ini : Rabu, 30 September 2020 17:45

Di Tengah Pandemi, Peran Polisi Sangat Penting Guna Memutus Rantai Penyebaran COVID 19

Wonogiri- Peran petugas polisi dalam rangka memutus rantai penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau lebih dikenal dengan COVID 19 sangat vital.Hal tersebut dibuktikan oleh Kasi Humas Polsek Jatipurno Aiptu Mustofa Sri Agung.

Pria yang dikenal mudah bergaul tersebut melakukan banyak hal penting dalam upaya percepatan penanganan virus Corona di wilayah Kecamatan Jatipurno.

Kapolsek Jatipurno Iptu Edi Hanranta mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Chtistian Tobing,S.IK,MH,M.Si , Selasa (14/4) mengatakan ketika ada warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno yang meninggal karena positif terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Propinsi Wuhan, Tiongkok tersebut, Aiptu Mustofa Sri Agung mengkomando warga desa setempat guna melakukan pemakaman secara langsung begitu jenazah tiba dari RS Moewardi Solo.

“Pemakaman waktu itu Kamis, 19 Maret 2020 pukul 00.15 WIB, tim 6 dikomandoi Ketua RT 20/RW 8 Dusun Kopenan, Desa Tawangrejo Bapak Untung, tim 6 menggunakan APD standar yang didapatkan dari swadaya Pemdes Tawangrejo, Aiptu Mustofa ada di lokasi pemakaman karena dia sebagai pemimpin tim 6,” jelasnya.

Ketika dikonfirmasi Ketua RT 20 /RW 8 Dusun kopenan, Desa Tawangrejo, Untung menjelaskan pihaknya telah berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri sebelum melakukan pemakaman tersebut.

“Jenazah langsung dibawa ke pemakaman desa, proses pemakaman berlangsung selama 15 menit, Pak Aiptu Mustofa Sri Agung hadir, setelah proses pemakaman semua langsung mandi guna mensterilkan diri,” tegasnya.

Edi menambahkan setelah adanya korban akibat COVID 19, pihaknya bersama Karang Taruna se Kecamatan Jatipurno melakukakan penyemprotan disinfektan massal di 9 desa dan 2 kelurahan.

“Aiptu Mustofa Sri Agung memimpin penyemprotan selama 2 hari yakni pada tanggal 22 dan 23 Maret 2020, ada 2 manfaat penyemprotan yakni pertama memutus penyebaran COVID 19 dan yang kedua memberi rasa aman kepada masyarakat,” tegasnya.

Kini, Pihak Polsek Jatipurno turun ke daerah guna memberikan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Social Distancing dan pembagian masker kepada masyarakat.

Edi menambahkan pihak Kepolisian Resort Wonogiri menghimbau agar masyarakat Kabupaten Wonogiri yang kini merantau agar tidak mudik guna memutus rantai penyebaran COVID 19 dan masyarakat jika beraktifitas di luar rumah agar memakai masker. (red)

Close
Close

SPONSOR