Hari ini : Minggu, 24 Oktober 2021 10:12

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Propinsi Jawa Tengah Beri Penghargaan Pada Desa Urut Sewu Ampel Boyolali.

 

Ampel, Kabarjoglo.com – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Propinsi Jawa Tengah melakukan penilaian lomba desa mandiri di desa Urut Sewu kecamatan Ampel Boyolali, diketuai Tim Penilai Penghargaan Desa Mandiri Energi Propinsi Jawa Tengah, Hermawan disela kunjungannya tersebut.

Hermawan mengatakan penghargaan desa mandiri energi ini di lakukan dalam rangka Hut ke 70 propinsi jawa tengah. Penilaian di desa Urut Sewa tersebut karena warga memanfaatkan limbah yang di olah menjadi sumber energi penganti bahan bakar elpiji.

Seperti limbah korotan sapi, kotoran ayam, limbah sayur, limbah tahu dan sampah organik. Kriteria penilaiannya adalah pendanaan swadaya masyarakat, kelembagaan dan di manfaatkan lebih dari 60 persen oleh warga dan dapat meningkatkan perekonomian warga ungkap Hemawan selaku tim penulai lomba desa mandiri energi propinsi jawa tengah.

Sementara itu Kepala Desa Urut Sewu Sri Haryanto mengatakan keinginan sudah lama sejak 2014, desa mandiri energi di Urut Sewu bisa terwujud. Akhirnya warga sangat antosias dan bisa terwujud sebagai desa mandiri energi. Di Boyolali lomba desa mandiri di wakili oleh Desa Urut Sewu, diharapkan desa mandiri energi desa Urut Sewu dapat di ikuti desa desa lain di jawa tengah.