Boyolali Sedia 7000-10.000 Ekor Sapi Siap Kirim dan Potong di Hari Raya Idul Kurban.

Ilustrasi. Foto : istimewa

 

Boyolali, Kabarjoglo.com – Sebanyak tujuh ribu sampai sepuluh ribu ekor sapi di Boyolali di sediakan untuk siap di kirim dan di potong di Hari Raya Idul Kurban.

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu daerah sentra sapi potong dan sapi perah di Jawa Tengah. Dengan sediakan hewan kurban yang cukup memadahi. Yakni sekitar 7 ribu sampai 10 ribu ekor siap di kirim dan siap potong. Baik di kirim dalam wilayah Boyolali sendiri maupun ke luar wilayah Boyolali.

Kepala seksi perbibitan Dinas Pertenakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali Giyarto mengatakan, sentra sapi potong hampir merata di 22 kecamatan di Boyolali. Antara lain di kecamatan Nogosari Simo Andong dan Klego. Sapi sudah di pesan lebih dahulu oleh para pedagang untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idul Kurban setiap tahun.

Sedangkan sentra sapi perah di Boyolali, antara lain berada di Kecamatan Seli, Cepogo, Musuk, Ampel, Taman Sari, Boyolali, Gladak Sari dan Kecamatan Mojosongo sedangkan yang memelihara sapi perah rata – rata juga memiliki sapi jantan.

Giyarto mengatakan jenis – jenis sapi di Boyolali antara lain Si Mental, Lemousin, Po, Brahma dan jenis FH dan yang paling di minati di masyarakat adalah Simental dan Lemousin yang sapinya lebih besar dan harganya lebih tinggi.

Giyarto Kasi perbibitanDinas Pertenakan Dan Perikanan Boyolali mengatakan

Lebih lanjut Giyarto mengatakan seperti tahun sebelumnya Presiden Joko Widodo memesan sapi potong di Jawa Tengah untuk di bantukan di sejumlah tempat di hari raya Idul Kurban. Namun sapi tersebut di beli dari wilayah setempat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan