Hari ini : Rabu, 28 Oktober 2020 17:57

Uniknya Penyerahan Kembali Siswa-Siswi Kelas IX SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.

Acara penyerahan kembali siswa siswi KELAS IX SMP Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 secara virtual. Foto : istimewa.

Surakarta, Kabarjoglo.com – Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. pada hari ini Jum’at tanggal 26 Juni 2020 pada pukul09.00 WIB mengadakan acara penyerahan kembali siswa kelasIX melalui virtual. Acara penyerahan kembali dilakukan melalui aplikasi Zoom mulai pukul 09.00WIB sampai selesai untukkelas IXa sampai IX h. Acara dimulai dengan pembukaan yang dipimpin oleh Waka Humas, Muji Widodo, S.Pd.Fis. dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudianmenyimak sambutan dari Kepala Sekolah dan penyerahankembali siswa – siswi kelas IX tahun pelajaran 2019/2020. Setelah pembukaan dilanjutkan oleh  pembawa acara yang cantik dan bersuara emas F. Nita Purwaningsih, S.Ag.

Menurut pembawa acara, Nita bahwa susunan acarapenyerahan kembali siswa kelas IX SMP Negeri 8 Surakarta antara lain :Pembukaan, menyanyikan lagi Indonesia Raya, Doayang dipimpin oleh Imam Khoirudin, M.PdI Guru Agama Islam SMP Neger 8 Surakarta. Sambutan dimulai oleh Kepala Sekolah, dilanjutkan penyerahan kembali siswa kelas IX tahun pelajaran 2019 / 2020. Sambutan dari ketua Komite yang diwakili oleh Ngatman, S.Pd. kemudian sambutan dari Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Drs. Sutrisno, M.Pd. Acara terakhir kesan dan pesan dari siswa kelasIX  dan ucapan selamat jalan dari adik kelas, penutup.

Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 8 Surakarta menyampaikan bahwadi saat dimana kelas IX mengakhiri proses belajar, tidak menduga bahwa semua merasakan akibat dariwabahnya virus Covid -19 yang berawal sejak bulan Maret sampai sekarang belum mereda sepenuhnya. SMP Negeri 8 Surakarta sebagai Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sehat dan sekolah yang mengimplementasikan Penguatan PendidikanKarakter  ( PPK ) dengan branding Mantap Berkarya, selama ini guru-guru dan Tenaga Pendidikan yang ada, selalu memantau dan mendampingi anak-anak semua dengan MANTAP untuk membentuk siswa yang BERKARYA ( Berprestasi, Berkarakterdan Berbudaya ).

Proses pembelajaran semester genap ini juga terganggu, sampai akhir tahun pelajaran 2019/2020, siswa harus belajar darirumah dengan pantauan guru dan orang tua masing-masing. Kepala Sekolah  secara khusus untuk kelas IX yang dinyatakan lulus menyampaikan selamat atas kelulusan kalian. Selanjutnyaatas nama keluarga besar SMP Negeri 8 Surakarta menyampaikan kepada orang tua siswa untuk menyerahkan kembali sepenuhnya dan berharap juga berdoa semoga anak-anak semua dapat melanjutkan ke jenjang SMA/SMK yang diminati.

Acara penyerahan kembali ini juga bekerja sama denganorang tua dan siswa dengan mengikuti petunjuk yang sudah disampaikan lewat WA grup antara lain dengan menginstal aplikasi zoom. Siswa juga diminta untuk join meeting room mulai pukul 08.45 yang diawali dengan presensi. Siswa memakai seragam OSIS lengkap ketika mengikuti penyerahan kembali secara virtual, apabila memungkinkan didampingi orang tua dari rumah masing-masing.

Sambutan dari Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Drs. Sutrisno, M.Pd. sangat berarti sekali karena pengawas memotivasi guru, semua amal yang diberikan guru akan menjadi amal jariyah untuk dirinya sendiri. Selain itu jugaagar selalu mengedepankan kejujuran. Ucapan selamat kepadasemua siswa dan pekerjaan anak-anak belum selesai, apabila adakesulitan jangan sungkan ke sekolah. Dan untuk berhati-hatikarena banyak kejadian / modus merubah nilai. Anak-anak juga harus mengikuti informasi, kalau ada kesulitan bisa menghubungi sekolah.

Perwakilan yang disampaikan oleh Ananda Aisyah NurJannah kelas IX  siswa tentang kesan, merasa cinta atas keunggulan SMP Negeri 8 Surakarta. Bangga atas prestasi yang didapat atas bimbingan yang disampaikan oleh Bapak / Ibu Guru SMP Negeri 8 Surakarta. Tidak lupa memohon maaf apabila ada kesalahan. Dan disampaikan doa semoga SMP Negeri 8 Surakarta selalu bisa menjadi bintang, baik secara akademik dannon akademik, SMP 8 semakin Jaya. Dilanjutkan dengan ucapan selamat jalan dari perwakilan OSIS oleh Abid H. Wicaksono, selamat menempuh pendidikan ke lebih tinggi. Titip nama baik almamater agar selalu bisa menjadi bintang. Teriring doa semoga kakak-kakak sukses di sekolah yang diimpikan dan menjadi bintang.

Mengingatkan kembali bahwa SMP Negeri 8 Surakartamengadakan penyerahan kembali siswa kelas IX melalui virtual dengan mengambil tema : Bangun kenangan indah dan optimisme untuk masa depan yang lebih cerah”. Alhamdulillah SMP Negeri 8 Surakarta lulus 100% dalam situasi yang sedang pandemi ini. Siswa yang lulus tahun ini ke jenjang berikutnya merupakan yang pertama kali mengikuti pengumuman kelulusan dan penyerahan kembali sekolah secara live  streaming. SMP Negeri 8 Surakarta yang sudah siap dengan jaringan internet dan perangkat penyiaran langsung menggelar live streaming dengan mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Kegiatan penyerahan kembali siswa-siswi SMP Negeri 8 Surakarta ini di ruang aula gedung sekolah disiarkan secaralangsung di kanal youtube sekolah dan hanya melibatkan guru dan segelintir siswa ( 4 siswa ). Sementara bagi siswa-siswi kelas IX, walaupun kegiatan live streaming ini mengobati rasa rindunya, namun sedih masih terasa karena lama tidak bertemu dengan teman-teman sekolahnya. Semua siswa harus terus belajar. Tidak boleh lelah, karena tidak belajar akan mencipkan kebodohan, sedangkan kebodohan adalah bencanaBelajar itu seperti mengayuh sepeda, harus tetap dikayuh agar sampai ke tujuan.

Jangan lupa subscribe yahttps://www.youtube.com/channel/UC0iJVuUbesfwdqNtLVM9r_Q  ( live streaming di channel Depanska Djaya ). Acara inidilakukan di ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta. Ini merupakan pengalaman baru, biasanya dilakukan dengan tatap muka, tetapi ini secara virtual. Namun demikian tidak akan menghilangkan esensi dari penyerahan kembali siswa siswi SMP Negeri 8 Surakarta. Tradisi penyerahan kembali siswa ini mengandung makna agar siswa memiliki motivasi dalam meningkatkan semangat belajar. Apalagi tantangan dalam menuju pendidikan lebih tinggi akan lebih berat lagi. Acara inijuga menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak hingga mengenakan masker. Terlihat guru-guru dengan seragam batiknya warna hijau dengan masker yang senada menambah indahnya suasana lingkungan SMP Begeri 8 Surakarta.

Acara penyerahan kembali siswa-siswi ini selesai padapukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan foto bersama, kemudian pulang. Kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Walaupun masihada beberapa yang  masih kurang misalnya waktu live suara kurang begitu jelas nanti akan diperbaiki lagi. Dan hasilnya akandi uploud di you tube, tidak lupa mohon maaf karena masihterdapat kekurangan. SMP Negeri 8 Surakarta, MANTAP BERKARYA.

Close
Close

SPONSOR