Hari ini : Senin, 26 Juli 2021 00:00

Danlanud Sam Ratulangi: Setetes Darah Sangat Berarti Bagi Mereka Yang Membutuhkan

Manado –  Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Sam Ratulangi Manado Sulawesi Utara, Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., mengatakan bahwa setetes darah sangatlah berarti bagi mereka yang membutuhkan. Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Donor Darah dalam rangka peringatan Hari Bhakti ke-74 TNI Angkatan Udara, di shelter Markas Komando “Tentara Langit” Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, Kamis, (22/07/2021).

Selanjutnya dikatakan, saat ini Lanud Sam Ratulangi mengadakan kegiatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Bhakti TNI Angkatan Udara yang ke-74. Hal ini sejalan dengan apa yang diarahkan oleh pimpinan dari Mabes TNI Angkatan Udara dan dari Koopsau 2. Agar TNI AU melaksanakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Dari Lanud Sam Ratulangi bantuan itu adalah sumbangan darah. Tentu saja sumbangan darah ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini merupakan bukti nyata kehadiran Lanud Sam Ratulangi di Sulawesi Utara. Alhamdullilah kita menggandeng instansi lainnya, Palang Merah Indonesia dan instansi lainnya seperti BUMN Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, serta Otoritas Bandara. Kita berharap sejumlah 140 kantong darah dapat kita penuhi hari ini. Setetes darah kita pasti akan bermanfaat bagi mereka yang memerlukannya. Terimakasih kehadiran PMI, Angkasa Pura, Lanudal (TNI AL), BMKG dan Otoritas Bandara lainnya serta Satuan Brimob Polda Sulut (Polri)”, ujar Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., kepada Penerangan Lanud Sam Ratulangi saat diwawancarai.

Sedangkan menurut Penanggungjawab kegiatan Donor Darah PMI Provinsi Sulut, dr. Nancy Bawiling, S.Ked., M.Fis., saat pandemi Covid-19 ini, masyarakat sangatlah membutuhkan ketersediaan darah bagi para penderita penyakit kronis. “So karna pandemi, banyak anggota masyarakat yang berpikir seribu kali untuk berobat ke rumah sakit. Akibatnya tingkat hb darahnya sangatlah rendah, hanya tinggal 4hb saat mengambil keputusan ke rumah sakit. Hal ini mengakibatkan pihak rumah sakit harus menyiapkan darah lebih banyak dari biasanya. Terimakasih Lanud Sam Ratulangi mengkoordinir kegiatan hari ini. Kong kapan lagi dang mo beking, mudah-mudahan tiga bulan lagi ya”, ujar dr. Nancy Bawiling, S.Ked., M.Fis., berharap.

Sementara itu, GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Minggus E.T Gandeguai, sangat mengapresiasi kegiatan donor darah ini. Selain General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi yang menyumbangkan darahnya, terdapat pula beberapa staf Otoritas Bandara seperti dari Air Nav Indonesia Cabang Manado, Avsec, dan BMKG serta ibu-ibu PIA Ardhya Garini Lanud Sam Ratulangi. Pihak PMI Provinsi Sulut dipimpin oleh dr. Nancy Bawiling, S.Ked., M.Fis., dengan delapan staf PMI terjun sampai tengah hari di shelter Mako Lanud Sam Ratulangi dalam giat donor darah.***

Related Posts

Terkini

Sponsor