Hari ini : Selasa, 21 September 2021 02:44

Penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama MoU dan MoA Antara SMAN 1 Manyaran dengan FISIP Univet Bantara Sukoharjo

Wonogiri– Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, Drs. Joko Suryono, M.Si menandatangani nota kesepahaman kerjasama MoU dan MoA dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, Drs. Sunarno, M.Pd, PLT Kasi SMA/ SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, Esti Murwanto, S.Pd, MH, Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Setyawan, M.Pd dan Tim PKM FISIP Univet Bantara Sukoharjo. Selasa (14/9/2021) bertempat di Aula SMAN 1 Manyaran.

Seusai penandatanganan naskah kesepahaman kerjasama MoU dan MoA dilanjutkan workshop pelatihan Otomatisasi Referensi (Mendeley, Publish or Pherish) dan penulisan artikel ilmiah bagi guru dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, Drs. Sunarno, M.Pd.

Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si menyampaikan latar belakang adanya kerjasama ini bahwa semua orang hendaknya senantiasa melakukan aktualisasi diri, agar bisa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman, sekaligus tidak stagnan, bahkan memiliki skill yang progresif.

“Kerjasama antar lembaga itu penting terutama dalam kolaborasi kegiatan melalui simbiosis mutualisme.
Dalam konteks MoU dan MoA antara Univet dengan SMA Negeri 1 Manyaran ini adalah bagi Univet terselenggaranya program pengabdian masyarakat sesuai amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedangkan bagi SMA Negeri 1 Manyaran adalah memanfaatkan sebesar-besarnya hasil kerjasama ini untuk pengembangan diri dengan meningkatkan skill khususnya bagi guru, dan pengayaan keterampilan bagi peserta didik,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, situasi dan kondisi ekstrem seperti pandemi Covid-19 yang melanda negara kita sekarang ini, tidak menjadi halangan bagi SMA Negeri 1 Manyaran untuk selalu berbenah mengeksplor potensi baik untuk SDM guru maupun peserta didik dalam rangka meningkatkan mutu standarisasi sekolah yang berbasis pada sekolah yang ramah untuk belajar mengajar.

“Univet dalam hal ini Prodi Ilmu Komunikasi FISIP adalah mitra yang sanggup menjembatani program sekolah khususnya di bidang peningkatan layanan publik pada aspek membimbing dan mendampingi peserta didik dalam rangka menuntut ilmu, juga mengenalkan kegiatan jurnalistik kepada peserta didik yang bisa saja dijadikan sebagai corong dan effort para peserta didik dalam pengenalan performa sekolah kepada masyarakat, dan untuk penulisan artikel yang ditujukan bagi SDM guru agar menguasai literasi kependidikan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya Univet sebagai mitra, menjamin ekspektasi sekolah sejak dari input sampai dengan output, bahkan outcome yang diperoleh sekaligus adanya impact sebagai realisasi yang berkelanjutan nantinya. Semoga.

Sementara itu, Dekan FISIP Univet Bantara, Drs. Joko Suryono, M.Si mengatakan penandatangan MoU dan MoA ini sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyakarat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala SMAN 1 Manyaran diberi kesempatan melakukan MoU dan MoA dilanjutkan kegiatan workshop pelatihan Otomatisasi Referensi (Mendeley, Publish or Pherish) dan penulisan artikel ilmiah bagi guru,” ucapnya.

Disampaikan pula, Mendeley, Publish or Pherish berupa software yang memudahkan bapak dan ibu guru untuk mencari referensi dalam penulisan artikel dan memperoleh referensi yang mutakhir dari jurnal-jurnal bereputasi.

“Kita bisa berbagi ilmu dengan bapak dan ibu guru. Kedepan untuk adik-adik peserta didik SMAN 1 Manyaran. Pelatihan hari ini dilanjutkan dengan pendampingan kepada bapak ibu guru hingga bisa menulis artikel ilmiah,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 6 Jawa Tengah, Drs. Sunarno, M.Pd memberi apresiasi atas kerjasama yang terjalin antara SMAN 1 Manyaran dengan FISIP Univet Bantara Sukoharjo.

“Ini adalah langkah yang maju, saling menguntungkan dan kami berharap bisa dilanjutkan kerjasama-kerjasama dengan lainnya,” harapnya.

Related Posts

Terkini

Sponsor