Hari ini : Senin, 29 November 2021 09:18

Siswa SD Muh PK Kottabarat Praktikum Membuat Es Krim

 

Solo – Sejumlah 82 siswa kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan parenting Fun Sains Membuat Es Krim yang digelar melalui Zoom Meeting, Sabtu (23/10/2021).

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam dari pukul 07.30-09.30 WIB, merupakan implementasi pembelajaran Tema 3 tentang perubahan wujud benda. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bunda Rara, orang tua dari Astranarendra, siswa III A.

Sebelum praktik membuat es krim, Bunda Rara memaparkan materi tentang macam-macam benda beserta ciri-cirinya, serta percobaan perubahan wujud benda, yaitu mencair, membeku, menguap, dan menyublim.

Kegiatan semakin menarik ketika memasuki sesi pembuatan es krim, yang merupakan contoh konkret perubahan wujud benda cair menjadi padat.

Bahan-bahan untuk membuat es krim, yaitu empat bungkus Beng-Beng 20 gram atau 2 bungkus Oreo 38 gram, 2 kotak susu UHT 250 ml. Sedangkan alat yang perlu dipersiapkan untuk membuat es krim, di antaranya adalah celemek, gunting, rolling pin (penggilas), gelas plastik, dan empat buah stik es krim.

Menurut Bunda Rara, proses pembuatan es krim sangat mudah. Pada mulanya Beng-Beng dihancurkan agar remuk, bisa menggunakan tangan dengan cara diremas atau dipukul menggunakan alat.

“Guntinglah ujung plastik pada kemasan Beng-Beng. Kemudian, masukkan stik es krim. Setelah itu, tuangkan susu ke dalam wadah Beng-Beng sesuai selera. Terakhir, diamkan di dalam freezer selama kurang lebih empat jam, beber Bunda Rara.

Ustazah Noviana Rahmawati, koordinator guru kelas III berharap kegiatan parenting ini akan menambah minat siswa dalam belajar sains.

“Melalui kegiatan praktikum ini, semoga bisa menjadi kegiatan edukasi yang menyenangkan, menumbuhkan kreatifitas, dan semangat kewirausahaan,” ungkap Ust. Ana.

 

error: Content is protected !!