Hari ini : Senin, 29 November 2021 09:28

SMK Penerbangan Bina Dhirgantara Adakan Pelatihan 3D Printing

Karanganyar – Diikuti 6 siswa dan 1 guru, hampir dua bulan setiap hari Kamis atau Jumat SMK Penerbangan Bina Dhirgantara (BD) mengadakan Pelatihan 3D Printing yang bertempat di laboratorium IT. Jumat (22/10/2021).

Dalam pelatihan 3D Printing ini SMK Penerbangan BD bekerja sama dengan Politeknik Indonusa Surakarta. Pelatihan ini berawal dari workshop yang diadakan Poltek Indonusa Surakarta bekerja sama dengan Rajawali 3D (R3D) dan kami sebagai pesertanya.

Herlan Ri Suhasta,selaku pendamping dari Indonusa mengatakan bahwa 3D Printing sendiri adalah proses pengepritnan yang menggabungkan aplikasi design seperti Autodesk Fussion 360 dengan printer 3D dan dicetak sesuai gambar yang diinginkan.

Manfaat 3D Printing sendiri dirasakan salah satu siswa kelas XII Ma’achdes Bintang “selain mengasah ketrampilan sesuai imajinasi, kita juga mendapatkan keahlian tambahan diluar pembelajaran sekolah,” ungkapnya.

Menurut kepala sekolah SMK Penerbangan BD Maulana Kafa Intifada, S.Pd. mengatakan ” Selama satu tahun pandemi kita tidak mendapatkan hasil apa-apa, jangan sampai terulang lagi di tahun ini. Oleh karena itu pelatihan 3D Printing ini penting untuk diadakan” jelasnya

Diharapkan dengan adanya pelatihan 3D Printing, siswa memperoleh keahlian tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan kerja bagi lulusan yang belum bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau yang belum memperoleh pekerjaan.

error: Content is protected !!