Hari ini : Senin, 17 Januari 2022 15:35

Unimus Gelar Pendampingan Penulisan Artikel dan HKI Guru Se-Jateng

 

SOLO – Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) gelar pendampingan penulisan artikel dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) pada guru sekolah Muhammadiyah se-Jawa Tengah di aula sekolah sehat program sekolah penggerak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Minggu (19/12/2021).

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Unimus Dr Eni Winaryati MPd mengatakan agenda ini bersama tim, didampingi mahasiswa sebagai bagian dari anggota tim hibah bantuan pendanaan program pembelajaran kolaboratif berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Hibah ini targetnya adalah peningkatan kualitas pembelajaran secara kolaboratif melalui lesson study. Produk atau luarannya yakni HKI dan artikel. Dan kali ini kami safari ke daerah karesidenan Surakarta. Tempatnya ada di SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta,” ujar Eny Winaryati, sambil tersenyum.

Sekolah Muhammadiyah se-Jawa Tengah yang hadir ada 8 sekolah. Meliputi MI Muhammadiyah Karanganyar, SD Muhammadiyah Andong, SMP Muhammadiyah 10 Andong, SMA Muhammadiyah Andong, SMK Muhammadiyah Boyolali dan Klaten dari SMA Muhammadiyah 1 Klaten.

Dan kemudian dari Wonogiri, SMK Muhammadiyah Purwantoro. SMK Muhammadiyah Sukoharjo. “Kegiatan ini dilakukan secara offline dengan protokol Kesehatan secara ketat yang sebelumnya secara online sudah kami sampaikan pada tanggal sebelumnya,” tambahnya.

Eny mengatakan secara intensif hasil dari kegiatan itu akan dihasilkan luaran artikel ilmiah yang nanti akan kita di submit dalam jurnal. Jadi hasil dari seluruh anggota tim lesson study akan membuat artikel ilmiah.

“Terima kasih yang luar biasa, SD Muhammadiyah 1 yang telah menerima dengan sangat responsif untuk mendukung sesama sekolah Muhammadiyah dalam mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Penulisan artikel ilmiah tadi sesungguhnya banyak yang bisa dihasilkan dari lesson study, HKI bahkan poster kemudian video pembelajaran atau best practice karena memang jadi entry point,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Hj Sri Sayekti melalui Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko mengaku SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta siap mendukung Unimus untuk menggenjot publikasi ilmiah popular dan perolehan HKI seorang dosen.

“Sekolah Penggerak siap berkolaborasi dalam hal paradigma baru pembelajaran sekolah dasar di era digital guna membentuk generasi emas Indonesia di tahun 2045,” ujar Jatmiko.

error: Content is protected !!