KKN UNS Adakan Lomba Mading Antar SD di Desa Bandungsari

Grobogan-Mahasiswa Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo yang tergabung pada Kelompok 60 KKN mengadakan Lomba Mading bertema “Jaga Bumimu, Cintai Lingkunganmu” yang ditujukan kepada para siswa siswi sekolah dasar di Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan, dengan tujuan untuk melatih kreatifitas serta kecerdasan siswa siswi.
Hal ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar
Kampus Merdeka (KKN-TMBKM) dengan tema UNS Membangun Desa pada Kamis (24/02/2022) di Balai Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan
Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat para siswa terutama dalam bidang literasi melalui media mading. Selain itu program ini juga bertujuan untuk melatih kreatifitas serta kecerdasan para siswa dalam hal menyusun atau membuat sebuah karya yang bisa digunakan tanpa mengurangi nilai keindahan di dalamnya seperti mading.
Sebelum perlombaan dimulai, seminggu sebelumnya telah disebarkan undangan perlombaan kepada Sekolah Dasar yang akan mengikuti, seperti SD 1 Bandungsari, SD 2 Bandungsari, SD 3 Bandungsari, serta SD 4 Bandungsari.
Sistematika perlombaan ini diantara lain ialah masing-masing sekolah mengirimkan satu kelompok yang terdiri dari 4 siswa kelas 4,5 dan 6. Peserta diwajibkan membawa bahan-bahan yang dibutuhkan karena hanya akan disediakan papan triplek dengan ukuran 100 x 50 cm.
Acara dimulai dengan sambutan oleh ketua kelompok 60 dan dilanjutkan oleh Kepala Desa Bandungsari Ledy Heriyanto
Selanjutnya, dilanjutkan dengan acara perlombaan menghias mading dengan waktu kurang lebih selama 2 jam. Antuasias sangat terlihat dari raut wajah para siswa bahkan para guru pendamping yang ikut membantu.
Kesesuaian tema, nilai estetika, bobot tulisan, dan kreatifitas menjadi kriteria penilaian ini, hal ini diambil karena disesuaikan dengan tujuan-tujuan dari lomba ini seperti minat membaca, kreatifnya para siswa, dan kepekaan terhadap lingkungan.
Pada akhirnya SD 3 Bandungsari keluar sebagai juara umum untuk lomba ini, walau demikian SD 1 dan SD 2 juga mendapatkan penghargaan atas partisipasinya dalam perlombaan ini, sangat disayangkan SD 4 tidak bisa hadir karena suatu alasan. Acara diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh siswa serta guru-guru pendamping.
Lomba mading ini merupakan ide dari kepala desa yang dikolaborasikan dengan ide-ide dari mahasiswa kelompok 60 KKN. Keinginan kepala desa dengan adanya lomba ini ialah meningkatkan kreatifitas serta kepekaan para siswa, selain itu karena sebelumnya juga belum pernah diadakan lomba semacam ini, kedepannya kepala desa ingin
mempertahankan lomba -lomba seperti ini guna semakin mengasah kemampuan para siswa sekolah dasar di Desa Bandungsari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan