Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Sragen – Mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Adnan Liestya Nugraha melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan program utama dibidang kesehatan yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang bertempat di salah satu rumah warga di desa Kunden, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 27 Februari 2022.

Pandemi virus corona (Covid 19) saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Mencuci tangan pakai sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman.

Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung.

Kegiatan dilakukan cara demontrasi kepada anak – anak pelajar SD dengan urutan mencuci tangan yang baik dan benar. Mencuci tangan dengan urutan sebagai berikut, membasahi tangan dengan air mengalir, kemudian mengambil sabun ke telapak tangan, selanjutnya menggosok telapak tangan dan punggung tangan dengan menggunakan sabun, setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan sela – sela jari. Setelah itu dibilas dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.

Saat ini kesadaran para pelajar masih kurang mengenai pentingnya cuci tangan sebelum makan di sekolah maupun di rumah meskipun telah disediakan fasilitas tempat cuci tangan. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada para pejalar mengenai cara mencuci tangan yang benar sehingga diharapkan anak-anak akan terbiasa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan