Hari ini : Minggu, 22 Mei 2022 08:12

Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Memanfaatkan Tutup Botol sebagai Media Bimbingan Belajar

SUKOHARJO – Salah satu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Univeesitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Lilis Suparti Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang dijadikan sebagai program utamanya yaitu bimbingan belajar.

Adanya pandemi covid-19 menyebabkan seluruh masyarakat untuk beradaptasi dengan era New Normal. Adaptasi New Normal ini tentu berdampak pada bidang pendidikan yang membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara Online, sehingga minat dan semangat siswa menjadi berkurang yang menjadikan siswa mudah bosan dalam belajar.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo pada periode II Tahun 2022 yang dilaksanakan secara mandiri dilingkungan tempat tinggal masing-masing, Lilis Suparti mencoba mengatasi hal tersebut dengan memberikan bimbingan belajar kepada siswa TK dan SD menggunakan media tutup botol bekas yang diberi nama “Tutup Botol Pintar”.

Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara, Lilis Suparti, menjelaskan, program kerja ini bertujuan agar anak-anak tetap semangat belajar walaupun di era adaptasi masa New Normal.

Bimbingan belajar merupakan bantuan yang diberikan kepada individu atau peserta didik secara berkesinambungan, agar mampu belajar seoptimal mungkin sesuai dengan tingkat kemampuannya anak (Hermawan, 2012: 31).

Tutup botol pintar yang dimaksud disini adalah sebuah tutup botol bekas yang kemudian disusun di sebuah papan atau kardus yang direkatkan menggunkan lem. Cara menggunakannya yaitu dengan melemparkan sebuah dadu seperti bermain ular tangga kemudian mengaitkan gelang karet ke tutup botol yang sudah disusun tadi sesuai dengan mata dadu yang didapatkan. Tutup botol pintar ini bias digunakan untuk belajar bangun datar, perkaliaan, pertambahaan, pengurangan dan juga bias belajar menebak warna pada tutup botol yang sudah dikaitkan dengan gelang karet sesuai angka mata dadu yang didapatkan.

Kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 11 Maret 2022. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Dk. Suruhan RT 01/04, Bulu, Polokarto, Sukoharjo.

Adanya kegiatan ini disambut baik oleh anak-anak Dk. Suruhan. Hal ini bisa dilihat dari antusias anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar. Alifah salah satu anak siswa SD di Dk. Suruhan mengatakan “mbak, besuk belajar seperti ini lagi ya soalnya bias sama bermain”. Melihat anak-anak antusia dalam mengikuti bimbel membuat mereka akan mudah mengingat materi yang sudah mereka dapatkan.

Lilis suparti Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo juga mengutarakan harapannya dengan pengadaan bimbingan belajar diharapkan dapat mendorong siswa lebih semangat lagi untuk belajar dan dengan adanya bimbingan belajar ini motivasi dan minat anak-anaak untuk belajar juga meningkat, serta dapat membawa manfaat dan kemajuan Dk. Suruhan terutama dibidang pendidikan.

error: Content is protected !!