KULIAH KERJA NYATA (KKN) MANDIRI PENDIDIKAN MASYARAKAT DI SAAT PANDEMI COVID 1

SUKOHARJO – Adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar di sekolah dibatasi. Kegiatan belajar yang awalnya dilakukan di sekolah secara tatap muka tetapi sekarang mengharuskan kegiatan belajar dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau mengunakan sistem bergilir (shift) untuk pembelajaran di sekolah.

Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Namun, sistem belajar secara online atau menggunakan sistem bergulir ini justru menimbulkan permasalahan yakni siswa merasa kesulitan dalam memahami suatu materi pembelajaran.

Dalam hal tersebut pelaksanakan kegiatan KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara terdapat program kerja yang dilaksanakan salah satunya RCU (Rumah Cerdas Univet) dalam bidang pendidikan yaitu Bimbingan Belajar untuk membantu mengatasi masalah kesulitan belajar anak-anak .

Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu kali dalam seminggu di Pos RCU Watulumbung, Desa Watubonang, Kec. Tawangsari, Kab. Sukoharjo. Kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan setiap hari Selasa pukul 14.00 WIB.

Kegiatan bimbingan belajar ini ditargetkan untuk anak-anak SD (Sekolah Dasar). Anak-anak bimbingan belajar sangat antusias mengikuti kegiatan bimbingan belajar, mereka aktif melakukan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami. Bahkan meminta bantuan untuk mengerjakan tugas dari guru yang dirasa sulit. Hal tersebut sesuai dengan tujuan kegiatan ini, untuk membantu anak-anak sekolah dasar yang mengalami kesulitan belajar.

Diharapkan dengan adanya RCU Bimbingan Belajar ini dapat membantu anak-anak dalam belajar materi yang dipelajari, dapat membantu ketika ada kesuliatan dalam mempelajari materi, dan memabntu memperbaiki kualitas belajar anak di Dusun Watulumbung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan