Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo, Ajarkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Cara Cuci Tangan Pada Anak-Anak

Karanganyar – Wahyu Margo Mulyo, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan kegiatan KKN Periode 2 yang terletak di dusun Jetak Rt 03 Rw 07,desa Dagen,kecamatan Jaten, kabupaten Karanganyar. Kegiatan KKN Periode 2 dimulai sejak tanggal 1 Febuari tahun 2022 hingga 17 Maret 2022.

Dalam rangka kegiatan KKN Period eke 2 ini Wahyu selaku mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Periode 2 telah melaksanakan beberapa program kerja yang direncanakan salah satunya yaitu Edukasi Peningkatan PHBS Pada Tingkat Anak – Anak Sekolah Dasar.Kegiatan Edukasi PHBS dilaksanakan hari minggu,14 Maret 2022,yang menekankan pada bagaimana cara cuci tangan yang benar sesuai prosedur.

Keterlibatan dari anak-anak dalam program ini akan sangat bermanfaat bagi terciptanya generasi muda yang lebih sehat dan bersih. Sehingga mampu diterapkan cuci tangan yang benar saat dilingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. Cuci tangan yang benar menjadi salah satu indikator dalam penerapan PHBS pada tatanan keluarga. Sehingga, penting untuk dilaksanakan oleh semua anggota keluarga terutama anak-anak. Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS ) ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah Covid – 19.

Dasar kegiatan ini adalah banyak ditemukan masyarakat terutama anak-anak yang lalai dan malas untuk mencuci tangan, walaupun sudah banyak dicontohkan dan diajarkan para guru dan orang tua. Teknis dari pelaksanaan program Edukasi Peningkatan PHBS ini telah dimulai dari pemberian sosialisasi kepada anak-anak, praktek CTPS atau Cuci Tangan Paki Sabun) bersama anak-anak dan pemasangan pamfleat di beberapa rumah warga,warung,pos ronda dan beberapa tempat yang sering dikunjungi warga sehingga dapat dijadikan sebagai pengingat seberapa pentingnya cuci tangan pakai sabun dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (PHBS).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan