Mahasiswa KKN UNIVET lakukan Kegiatan Rumah Cerdas Univet dan Edukasi Mencuci Tangan di dusun Sentono

Karanganyar – Kegiatan KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo di dusun Sentono Rt 02/Rw 07, Tawangsari, Kerjo, Karanganyar telah dimulai pada tanggal 1 Februari 2022 yang akan berlangsung selama 45 hari. Sebelum KKN dimulai Mahasiswa telah mengurus kegiatan perijinan kepada Ketua RT 02 dusun Sentono yaitu bapak Supri dan mensosialisasikan Program Kerja yang akan di laksanakan selama KKN berlangsung.Dalam kegiatan KKN Mandiri Mahasiswa bekerja sama dalam lingkungan Masyarakat.

Kegiatan KKN Mandiri ini, Mahasiswa telah membuat beberapa Proker (Program Kerja) yaitu Proker Utama dan Proker Penunjang. Rizki Utami Susidanto Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Univet Bantara Sukoharjo, peserta KKN UNIVET telah melaksanakan Proker RCU (Rumah Cerdas Univet) dan Edukasi Cara Mencuci Tangan kepada anak-anak dusun Sentono. Kegiatan RCU telah dilaksanakan pada Hari Jum’at, 11 Maret 2022 dan kegiatan Edukasi mencuci tangan dilaksanakan pada Hari Minggu,13 Maret 2022.

Kegiatan RCU atau Bimbingan Belajar ini bertujuan untuk membantu mengatasi keluhan siswa terhadap pembelajaran selama daring, yang sebagaimana mereka kurang memahami materi yang diberikan. Selain itu, Rizki juga memberikan materi-materi tambahan serta membantu para siswa ketika ada PR (tugas rumah) yang belum dimengerti. Adanya kegiatan disambut baik oleh warga dusun Sentono.

Kegiatan pembelajaran tambahan ini juga  untuk membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi-materi dari sekolah dan mengisi waktu luang mereka agar dapat melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Dengan adanya kegiatan RCU yang dilakukan Mahasiswa KKN UNIVET diharapkan dapat mendorong siswa lebih semangat lagi untuk belajar, serta dapat membawa manfaat dan kemajuan dusun Sentono Rt.02/Rw.07 terutama di bidang pendidikan.

Tak hanya memberikan Bimbingan Belajar, Rizki juga mengedukasi atau mengajarkan anak-anak cara mencuci tangan dengan benar. Kegiatan cuci tangan ini dilakukan dengan memfokuskan pada anak-anak sebagai upaya membiasakan anak-anak untuk cuci tangan dengan benar dan dilakukan setiap harinya setelah melakukan berbagai aktivitas dimasa Pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya, selain mengajak anak-anak disekitar rumah untuk diajari cara mencuci tangan yang baik dan benar juga memberikan penjelasan kapan saja waktu-waktu bagi mereka untuk mereka mencuci tangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan