KKN Univet : Pengembangan Kreatifitas Anak dengan Memanfaatkan Barang di Sekitar

Sukoharjo – KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan wujud dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Pengabdian yang dilakukan berupa mentransferkan ilmu – ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah.

Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tentu saja dirancang program kerja yang akan dilaksanakan. Ada banyak jenis program kerja yang bisa diaplikasikan kepada masyarakat. Berbagai bidang bisa dijadikan sebagai program kerja, misalnya pendidikan atau edukasi, kesehatan, maupun sosial budaya.

Kali ini Rahma Eka Savitri sebagai mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mandiri dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan program kerja yang dilakukan di Kp. Kemasan Rt 01/ Rw 08 Kelurahan Banmati Kecamatan Sukoharjo. Program kerja tersebut berfokus pada memberikan edukasi kepada anak – anak di Kp. Kemasan.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa berupa mengajarkan anak bagaimana cara berkreasi dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar lingkungan mereka menjadi karya seni. Dengan bahan yang mudah ditemukan maka anak- anak akan lebih tertarik untuk berkreasi.
Kreasi yang dibuat oleh anak – anak di Kp. Kemasan yaitu mozaik dari beras. Bahan tersebut mudah untuk ditemukan. Beras sebelumnya diberi pewarna makanan yang aman untuk anak – anak. Warna yang digunakan tidak cukup hanya 1 melainkan 4 hingga 5 warna agar bervariasi. Kegiatan ini diaplikasikan pada anak – anak pada tingkat TK sampai SD.

Cara membuat mozaik dari beras yaitu dengan menempelkan beras yang sudah diberi pewarna ke kertas bergambar. Mahasiswa sudah menyediakan 3 macam gambar yang berbeda. Hal ini bertujuan agar anak bisa memilih gambar yang diminatinya. Setelah memilih gambar, anak – anak memulai kegiatan menempel beras pada gambar. Tingkat kesulitan menempel berbeda – beda tergantung gambar apa yang mereka pilih. Pada tahap ini melatih kesabaran dan kejelian anak terhadap detail mozaik yang mereka buat.

Selain melatih kesabaran dan kejelian anak, membuat mozaik beras bertujuan agar anak mengembangkan kreatifitas mereka dengan memainkan warna – warna beras yang ada. Dengan penggunaan warna yang bervariasi agar anak – anak bisa mengembangkan kreatifitasnya dengan mencampur atau mencocokan warna.

Tujuan diadakannya kegiatan berkreasi ini adalah agar anak – anak dapat menumbuhkan jiwa kreatifitas mereka dan menghasilkan karya seni dari bahan yang sederhana dan mudah untuk ditemukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan