Mahasiswa KKN Membantu Meningkatkan Kreativitas Anak Saat Sekolah Daring

Kabarjoglo – Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo bersama anak-anak di kampung Genting rt 03 rw 08 Kelurahan Banmati, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan membuat prakarya menggunakan cara tradisional serta menggunakan alat dan bahan sederhana.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar anak-anak yang sedang sekolah daring tidak merasa jenuh dengan kegiatan yang monoton. Saat daring setelah anak-anak belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan guru, mereka akan lebih memilih bermain gadget dari pada bermain bersama teman-teman sebayanya. Oleh karena itu, mahasiswa KKN mencari alternatif lain untuk mengajak anak-anak agar dapat berkumpul bersama dengan cara membuat prakarya sederhana.

Jenis prakarya yang akan dibuat adalah prakarya membuat kolase dari beras dan biji-bijian. Yang nantinya kolase akan dibuat oleh anak-anak kelas 1 sampai 4 SD. Mahasiswa KKN sudah menyiapakan alat dan bahan sebelum kegiatan ini dimulai, seperti biji-bijian, beras yang sudah diwarnai, lem, dan gambar pola dengan berbagai bermacam bentuk.

Saat proses pembuatan, anak-anak tampak antusias, menempel dan memilih warna sesuai kreativitas mereka. Disini anak-anak juga saling berinteraksi satu sama lain,yang mana dapat menumbuhkan jiwa sosial anak. Bermain dan belajar bersama seperti sebagaimana anak seusia mereka. Kegiatan ini sebagai refreshing untuk anak-anak yang memiliki tugas sekolah yang menumpuk. Jadi, anak tidak hanya pandai dalam akademis, namun anak juga memiliki sisi kreatif dalam dirinya.

Ditengah pandemi ini sangat perlu bagi orang tua untuk membentuk dan meningkatkan kreativitas anak, sebab hal ini berguna untuk perkembangan mental, sosial dan emosi anak. Namun tak semua orang tua dapat menerapkannya pada anak. Dengan adanya proker KKN kegiatan ini orang tua merasa sangat terbantu dan berterimakasih karena ketergantungan sang anak terhadap gadget sudah berkurang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan