Mahasiswa KKN Univet Bantara Lakukan UMKM Pembuatan Batu Bata

Sragen– Mala Nur Anisa Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sedang melaksanakan salah satu program kerja KKN yaitu UMKM pembuatan batu bata di dukuh Bangsri RT 22, Blimbing, Sambirejo, Sragen (Rabu, 9/3/2022).

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di dukuh Bangsri, desa Blimbing, ditemukan bahwa masyarakat disana mayoritas bekerja sebagai buruh dan membuat batu bata alias bata merah. Hal ini terbukti dengan adanya truk pengangkut batu bata yang sudah matang setiap harinya. Satu truk itu biasanya menampung 3000-5000 batu bata.

Proses produksi batu bata ini dimulai dari pembuatan bahan dasar/adonan, pencetakan, merapikan tepi-tepi batu bata (pengerikan) dan dibakar. Waktu yang diperlukan yaitu selama 4-6 hari serta tergantung cuaca pada saat itu. Batu bata tersebut biasanya dikirim ke-beberapa daerah seperti Karanganyar, Solo, Sragen dan Sukoharjo.

“Dengan adanya kegiatan UMKM tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar. Serta dapat dijadikan lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang mau mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan,” tutur Mala Nur Anisa, mahasiswa yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan