Hari ini : Minggu, 22 Mei 2022 08:32

DEM FKIP Unisri Tebar Kepedulian dengan Aksi Kolaborasuli melaui Pengabdian Masyarakat

Solo – Dewan eksekutif mahasiswa (DEM) FKIP Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta menggelar Pengabdian Masyarakat selama 2 hari, bertempat di dusun Kaliondo, Malanggaten, Kebakkramat, Karanganyar (29-30/3).

Menurut Ketua Pelaksana, Agung Aji Pangestu kegiatan ini merupakan program kerja DEM FKIP UNISRI periode 2021/2022 yang diikuti seluruh anggota DEM FKIP, pengabdian masyarakat DEM FKIP ini mengambil tema TEBARKAN KEPEDULIAN DENGAN AKSI KOLABORASI.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan membawa 3 program antara lain, edukasi kepada siswa/i peduli terhadap lingkungan sejak dini di Sekolah Dasar (SD N Malanggaten 3), Senam Sehat bersama ibu-ibu PKK, dan program Pengelolaan Bank Sampah yang berkolaborasi dengan Karang Taruna Bakti Karya dusun Kaliondo.

lebih lanjut Aji menjelaskan tentang kondisi umum masyarakat desa Malanggaten mayoritas buruh, maka diperlukan pendampingan dan penyadaran terhadap kesehatan, pendidikan dan sosisal lingkungan, jelasnya.

Acara dibuka oleh Dwi Cahyono, S.Sos., M.Si., Kepala Baperlitbang Kabupaten Karanganyar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesadaran terhadap lingkungan itu penting sebagai generasi penerus bangsa, beliau sangat mengapresiasi satu program pengabdian masyarakat tentang pengelolaan sampah yang merupakan salah satu program dari pemerintah Kabupaten Karanganyar juga. Hal ini akan menjadi ajang sosialisasi yang begitu penting antara mahasiswa dan masyarakat Karanganyar terhadap komitmen pemerintah Kabutpaten Karanganyar.

Anggit Grahito Wicaksono, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan FKIP, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, yanh merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat.

Sementara ketua DEM FKIP Ilham Widya Pasya menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat kali ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat terutama dalam bidang lingkungan dan masyarakat, karena melihat dari isu sosial lingkungan yang terjadi sekarang ini semakin hari semakin memprihatinkan maka perlu adanya suatu penyadarkan kepada masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Kepala Desa Malaggaten, Sunarto, S.Pd., M.Pd., sangat antusias dalam menerima Mahasiswa DEM FKIP UNISRI dalam pengabdian masyarakat ini. Beliau berharap bahwa kegiatan ini tidak berhenti sampai disini dan bisa berkelanjutan sehingga program pengabdian masyarakat di desa Malanggaten bisa lebih baik lagi, pungkasnya.

error: Content is protected !!