Sertu Joko Priyanto Babinsa Saradan Imbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK Pada Ternak

 

Sragen,Kabarjoglo.com – Mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Sertu Joko Priyanto Babinsa desa Saradan Koramil 02/Karangmalang melaksanakan komsos sekaligus melakukan sosialisasi kepada Bpk Hanura selaku Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Dk. Pantuk Rt.14 Ds. Saradan Kec. Karangmalang, Rabu ( 19/07/2022 ).

Babinsa juga mengungkapkan, bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak jenis sapi, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat.
“Penyakit ini rentan menulari hewan ternak seperti, sapi, kerbau, kambing dan domba, kami ingin menyampaikan kepada para peternak untuk lebih mengenal gejala ataupun ciri-cirinya seperti adanya air liur pada mulut yang terjadi secara terus menerus dan juga adanya kuku yang mengelupas” jelasnya

Menurutnya, jika muncul gejala atau ciri-ciri tersebut, agar para peternak segera memeriksakan kesehatan ternaknya, atau menghubungi Balai Penyuluh Pertanian maupun dokter hewan maupun dinas kesehatan hewan setempat, dalam kesempatan tersebut, Sertu Joko berpesan kepada peternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara pencegahan dini supaya tidak tertular penyakit tersebut.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk rutin membersihkan kandang dan hewan ternaknya, dan sekali lagi apabila ditemui gejala PMK ini, segera melapor apabila sehingga dapat segera ditanganani oleh dinas kesehatan hewan agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain”, tutup Babinsa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan