The Last Show : Kirab Budaya Jarwana Jayengan

Surakarta, Kabarjoglo.com – Budaya merupakan peninggalan Leluhur nenek moyang kita yang harus kita jaga dan kita lestarikan agar tidak punah dengan terkikisnya perkembangan zaman dan teknologi. Salah satunya kegiatan kirab budaya Jarwana Kelurahan Jayengan, bazar Jayengan dan gelar budaya Dolanan Anak Tahun 2022 di Sepanjang Jln. Gatot Subroto, Kelurahan Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. Sabtu (17/9/2022).

Rangkaian kegiatan Jarwana diawali dengan Kirab Budaya Jarwan pada Pk. 09.00 Wib di Jalan Gatot Subroto (Start Finish Perempatan Utara Notosuman) ‌Pesta Jajanan 3 Etnis (Banjar, Jawa dan Cina) total 1500 porsi dan pembagian bubur samin gratis.Dilanjut Pentas seni pada pukul 19.00 Wib dengan menampilkan seni  Wushu, Musik Angklung, Tarian Wonderfulland Indonesia , Hadrah dengan spesial performance dari group “Pecash Ndahe”.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Camat Serengan Agung menyampaikan, ucapan terimakasih kepada warga Kelurahan Jayengan khususnya dan masyarakat yang telah melestarikan dan mengadakan gelar budaya dan Jajanan tahun 2022 dengan  merajut perbedaan dalam keceriaan warga indonesia dan diadakan nya Bazar Jayengan yg berjalan aman dan lancar selama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan Gelar budaya dan Jajanan dari 3 etnis Banjar Jawa dan China (Jarwana) ini bertujuan untuk melestarikan budaya serta kearifan lokal yang ada di Wilayah Kelurahan  Jayengan dan untuk mengenalkan kepada warga, kususnya anak-anak tentang jajanan/dodolan tempo dulu” Jelasnya

“JARWANA” sendiri singkatan dari Banjar, Jawa, Cina. JARWANA dapat hidup rukun, saling menghargai satu sama lain. Ini merupakan budaya adiluhung yang dapat menjadi sari tauladan bagi umat manusia di seluruh dunia. Untuk itu budaya JARWANA dipandang perlu, untuk diangkat sebagai pembelajaran bagi seluruh umat manusia, akan arti “HIDUP RUKUN” walaupun dalam perbedaan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan