Jemparingan Kemerdekaan 2022 dengan tema ” Sinergi TNI – BI, Rupiah kuat, NKRI Berdaulat” dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 77

.

Solo, Kabarjoglo.Com –  Kodim 0735/Surakarta bekerja sama dengan Bank Indonesia Surakarta menggelar lomba Jemparingan Kemerdekaan 2022 dengan tema ” Sinergi TNI – BI, Rupiah kuat, NKRI Berdaulat” dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 77,,bertempat di Benteng Vastenburg Kel. Kedung Lumbu Kec. Pasarkliwon Kota Surakarta  pada Minggu (14/8/22) pagi.

Bacaan Lainnya

Tampak hadir dalam kegiatan Drs. Teguh Prakoso MM (Wakil Walikota Surakarta), Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak SIK, MSI (Kapolresta Surakarta), Ahmad Suraudy SH MH (Dandenpom lV-4/Surakarta), Letkol Inf Drs. Arif Isnawan (Kasiter Korem 074/Wrt), Letkol Inf Devy Kristiono SE, MSi (Dandim 0735/Ska), Kompol Agus Santosa ,SE.SIK ( Kasat Lantas Polresta Surakarta), Mayor INF Muayat (Kasdim 0735/Ska), Kapten Inf Anom (Brigif MR 6/2 Kostrad), Prihatin SH ( Kajari Kota Surakarta), Rahmad Dwisaputra (Kepala Kantor Perwakilan BI Prov. Jateng), Nugroho Joko Prastowo ( Kepala Bank BI Surakarta), Eko Juniarto ( Kepala OJK Surakarta), Perwira Jajaran Kodim 0735/Ska, Para Staf BI Surakarta Dan Paguyuban Jemparingan.

Acara diawali dengan Kirab start dari Benteng Vastenburg menuju Patung Gladag, finish di Benteng Vastenburg , Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut:
a. Pukul 06.35 WIB Kirab Gladhen Jemparingan Kemerdekan star dari halaman Benteng Vastenburg.
1) Susunan Pasukan Kirab Gladhen Jemparingan Kemerdekan :
a) Pengawal Dari Provost Kodim 0735/ska
b) Anggota Pembawa MMT
c) Pasukan drum band
d) Pasukan Bergodo Pokdarwis
e) Pasukan Forkopimda
f) Pasukan Reog Dan Jathilan
g) Pasukan Panahan
h) Pasukan Kodim 0735/ska Dan Pasukan BI
2) Adapun rute yang dilalui adalah sebagai berikut:
Star dari halaman parkir benteng Vastenburg,belok kiri bundaran Gladag memutar ke arah Utara menuju BI Surakarta,belok kanan memutar menuju finish di Benteng Vastenburg.b. Pukul 07.03 WIB Kirab Gladhen Jemparingan Kemerdekan tiba di Benteng Vastenburg.c. Pukul 07.20 WIB Para peserta Jemparingan Kemerdekaan 2022 melaksanakan registrasi ulang.d. Pukul 08.30 WIB acara pembukaan lomba Jemparingan Kemerdekaan 2022.

Dalam sambutan pembukaan acara Letkol Inf Devy Kristiono SE, MSi (Dandim 0735/Ska) menyampaikan
menyampaikan selamat datang, sugeng rawuh dan banyak terimakasih kepada para hadirin, tamu undangan dan seluruh peserta jemparingan kemerdekaan tahun 2022. adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan jemparingan kemerdekaan tahun 2022 ini yang pertama untuk menyambut hari ulang tahun KE 77 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 kemudian untuk meningkatkan prestasi jemparingan ditingkat Nasional, disamping menumbuh kembangkan bakat bakat peserta jemparingan, bagaimana kita bisa mengisi waktu-waktu ke depan apalagi pasca pandemi tentunya beberapa event kegiatan yang sempat terhentikan di Tahun 2022.

“Sesuai dengan arahan Bapak Walikota untuk kita melanjutkan event-event untuk memulihkan ekonomi Kota Surakarta, yang tentunya dalam hal ini kita dalam waktu dekat akan memperingati hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia hari ini kita laksanakan kembali dengan Jemparingan Kemerdekaan 2022.” ucapnya

Harapan Dandim  kepada para peserta sekalian untuk melaksanakan lomba dengan profesional nanti kita akan rebutkan juara-juaranya baik jemparingannya maupun pakaian adat. Ini salah satu untuk melestarikan budaya adat Mataraman, yang ini merupakan ciri khas dari kota Surakarta

“Bapak ibu sekalian yang saya hormati saya selaku Komandan Kodim mengucapkan terima kasih atas penyelenggara kegiatan yang sudah menyiapkan kegiatan ini dengan sangat baik sekali dan tentunya nanti akan kita lanjutkan dengan kegiatan pembukaan secara simbolis dan rangkaian kegiatan lomba.” Tutup Dandim

lebih lanjut Nugroho Joko Prastowo selaku  ( Kepala Bank BI Surakarta) menambahkan , pada hari ini kita dapat berkumpul dan melaksanakan lomba jemparingan yang selama ini sudah libur 2 sampai 3 tahun dan ini adalah awal yang dilaksanakan lagi hal ini untuk menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-77 yang semangat untuk membantu ekonomi.

Hal ini adalah suatu kehormatan bagi kami Bank Indonesia dalam perbaikan ekonomi di Solo dan kita bersinergi berkolaborasi dengan TNI, bagi saya Ini adalah kolaborasi yang tepat yang pas dalam kita sama-sama menjaga NKRI karena TNI bertugas untuk menjaga kedaulatan NKRI sementara Bank Indonesia bertugas menjaga NKRI dari segi ekonomi.

Dan rupiah adalah simbol dari kebahagiaan Republik Indonesia Rupiah harus ada di seluruh rakyat Indonesia maka pagi hari ini lomba sembaringan ini kita gelorakan juga semangat cinta bangga dan paham rupiah dengan kata lain kalau rupiah kuat maka NKRI berdaulat, Hal ini kita harapkan semangat ini linear antara semua kebangsaan kedaulatan teritori dan kedaulatan ekonomi kita sinergikan.

” Kami berharap inisiatif ini sama-sama bisa menggelorakan kita di hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 77 ini dan ini merupakan peringatan setelah 2 tahun memang kemaren kita sedikit turun karena volume dan saat ini semangat kita gelorakan lagi dan benar-benar bersama kembali bahwa ekonomi kita semakin membaik, kalau rupiah semakin kuat, kita akan dicintai dan disegani dunia.” ucapnya

” Mudah-mudahan upaya dan TNI Ini mendapat ridho oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk memberitahukan menjaga NKRI dan ekonomi dengan cinta bangga tanpa rupiah karena rupiah kuat NKRI berdaulat.” tutupnya

adapun jumlah peserta jemparingan 301 orang dengan rincian sebagai berikut  Bali : 2 orang, Jatim : 5 orang Solo Raya : 294 orang   dan ini daftar pemenang  lomba Jemparingan Kemerdekaan 2022 sebagai berikut:
a. Panahan Putra :
1) Juara I : Faizal Bahri
2) Juara II : Mulyana
3) Juara III : Bani Subandono

b. Panahan Putri :
1) Juara I : Desy
2) Juara II : Sri Handayani
3) Juara III : Sujiati

c. Pakaian adat Nusantara Putra :
1) Juara I : Sugianto Wibowo
2) Juara II : Sukiman
3) Juara III : Gito

d. Pakaian adat Nusantara Putri :
1) Juara I : Biyung
2) Juara II : Endah
3) Juara III : Titik Setya Ningsih

6. Adapun Hadiah Lomba Sebagai berikut:
a. Panahan Putra :
– Juara I : Trophy + Piagam + Rp. 1,5 Juta
– Juara II : Trophy + Piagam + Rp. 1 Juta
– Juara III : Trophy + Piagam + Rp. 750 Ribu

b. Panahan Putri :
– Juara I : Trophy + Piogom + Rp. 1,5 Juta
– Juara II : Trophy + Piagam + Rp. 1 Juta
– Juara III : Trophy + Piagam + Rp. 750 Ribu

c. Pakaian adat Nusantara Putra :
– Juara I : Trophy + Piagam + Rp. 750 Ribu
– Juara II : Trophy + Piagam + Rp. 500 Ribu
– Juara III : Trophy + Piagam + Rp. 300 Ribu

d. Pakaian adat Nusantara Putri :
– Juara I : Trophy + Piagam + Rp. 750 Ribu
– Juara II : Trophy + Piagam + Rp. 500 Ribu
– Juara II : Trophy + Piagam + Rp. 300 Ribu

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan