Segera, Gelar Budaya JARWANA ” Reborn” 2023 Kelurahan Jayengan.

Solo, Kabarjoglo.com – Kelurahan Jayengan terletak di jantung Kota Surakarta, sebelah utara Kelurahan Kemlayan, sebelah barat Kelurahan Penularan, sebelah selatan Kelurahan Kratonan, sebelah timur Kelurahan Gajahan, Jayengan termasuk dalam kecamatan Serengan. Jayengan dihuni oleh 3 keturunan, yang jumlah jiwanya hampir sama banyaknya yaitu keturanan Banjar, keturunan Jawa dan keturunan Cina.

Membaurnya ketiga etnis yang hampir sama banyak jumlah jiwanya. Karena hidup berdampingan dalam suatu wilayah kelurahan jayengan vang tidakpernah terjadi konflik satu sama lain, pada tahun 1950 an muncul istilah “Jarwana” singkatan dari Banjar, Jawa, Cina.

Bacaan Lainnya

Jarwana dapat hidup rukun, saling menghargai satu sama lain. Ini merupakan budaya adiluhung yang dapat menjadi sari tauladan bagi umat manusia di seluruh dunia. Untuk itu budaya Jarwana dipandang perlu, untuk diangkat sebagai pembelajaran bagi seluruh umat manusia, akan arti “hidup rukun” walaupun hidup dalam perbedaan.

Mengambil tema “Jarwana Reborn” adalah menandakan lahirnya kembali Gelar Budaya Jarwana dengan bentuk dan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya vang mana biasanya kegiatan di khususkan dengan Kirab Budaya, pada tahun ini mengusung konsep seni pertunjukan yang akan digelar pada Hari/tanggal Sabtu dan Minggu, 11-12 November 2023 bertempat di Lapangan Kartopuran Jayengan .

Adapun di hari pertama tanggal 11 November 2023 mulai pukul 15.00 -22.00 WIB dilaksanakan keqiatan Beauty Class, Ragam Perfomance Budaya Masyarakat Jayengan yang ditutup dengan Romanz.Pitu Musik Etnik Millenial.

Hari ke dua tanggal 12 November 2023 mulai pukul 15.00-22.00 WIB dilaksanakan kegiatan Lomba Menghias Tumpeng Nuansa Jarwana, Pertunjukan Tri Hayu Ing Jarwana, Perform Bakar Musik dan ditutup dengan perform Jihan Audy.

Sementara untuk kegiatan pesta jajanan 3 etnis dilaksanakan pada tanggal 11-12 November mulai pukul 19.00 WIB dengan pembaglan jajanan gratis dengan total 3.000 pcs, untuk food festival & UMKM dilaksanakan 11-12 Novernber 2023 mulai pukul 15.00-22.00 WIB dengan total stand sebanyak 74 stand.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan