Kuliah Pakar dan Praktisi dengan tema “Pengenalan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Hazard Analytical Critical Control Point (HACCP)”

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Dalam rangka implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Program Studi (Prodi) THP UNIVET BANTARA menyelenggarakan acara kuliah umum yang diikuti seluruh mahasiswa prodi THP UNIVET tentang Pengenalan GMP dan HACCP bertempat di Ruang Kuliah 1, Gedung D, Fakultas Pertanian Univet Bantara Sukoharjo. Selasa (27/09/22).

Kegiatan dihadiri oleh pakar dan praktisi sebagai narasumber di antaranya Dr. Muhammad Zukhrufuz Zaman, S.P., M.P. dosen UNS seorang pakar di bidang keamanan pangan. Wisnu Samuel Atmaja Triwarsita, S.TP. dari PT. Indesso. Acara dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi penyampaian HACCP dan sesi penyampaian GMP yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Sri Hartati, M.P.

Bacaan Lainnya

Pada sesi pertama (penyampaian HACCP), Muhammad Zukhrufuz Zaman menyampaikan bahwa keamanan pangan sangat penting untuk diperhatikan karena hal ini berkaitan dengan nyawa manusia. Untuk itu, HACCP menjadi sistem yang tepat dalam mewujudkan keamanan pangan. Secara prinsip, terdapat 12 langkah (5 langkah awal + 7 langkah utama) dalam penerapan HACCP di industri pangan. Pada sesi kedua (penyampaian GMP), Wisnu Samuel menyampaikan bahwa GMP menjadi pondasi dalam mewujudkan produk pangan yang aman. Ruang lingkup GMP di industri pangan sangat luas dan detail, seperti bangunan, lokasi, karyawan, proses produksi, dsb. Penerapan GMP harus dilakukan secara terkoordinasi dan teliti oleh berbagai pihak yang terlibat.

Tampak antusiasme mahasiswa THP UNIVET yang dibuktikan dengan keaktifan mahasiswa dalam bertanya kepada narasumber, khususnya perihal penerapan GMP dan HACCP di lingkup UMKM atau pada hajatan pernikahan.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh Retno Widyastuti, S.Si., M.Sc. selaku Kaprodi THP kepada kedua narasumber, dibarengi dengan sesi foto bersama para narasumber, Dr. Muhammad Zukhrufuz Zaman, S.P., M.P. selaku Dekan Fakultas Pertanian Univet Bantara, Dr. Engkus Ainul Yakin, S.Pt., M.Sc. selaku Wakil Dekan Fakultas Pertanian Univet Bantara, para dosen prodi THP dan mahasiswa prodi THP.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan