MAHASISWA AMBS ON THE JOB TRAINING KE NEGARA TAIWAN

Solo, Kabarjoglo.com – Mahasiswa semester 5 Perguruan Tinggi Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta (AMBS) saat ini melakukan On the job training atau Praktek kerja lapangan di negara Taiwan selama 6 bulan. Kegiatan Intenship ke negara Taiwan merupakan program pilihan yang dipilih oleh mahasiswa yang bersangkutan dalam menempuh mata kuliah On the job training. Kegiatan tersebut dipersiapkan hampir selama 6 bulan yang diawali dengan pembelajaran bahasa mandarin langsung online dari native speaker negara Taiwan Mr Ti dan Mr Wang untuk persiapan speaking saat mereka on the job training di negara Taiwan.

Rencana persiapan belajar Les mandarin secara Online sebenarnya hanya dilakukan kurang lebih selama 3 bulan tapi karena menunggu kondisi Pandemi Covid melandai menjadi panjang selama 6 bulan mereka menunggu sambil belajar online bahasa mandarin untuk bisa berangkat ke Taiwan. Setelah ada pengumuman negara Taiwan sudah melandai Pandemi covid dan surat dari kedutaan taiwan turun akhirnya tanggal 12 Oktober 2022 keenam mahasiswa dari AMBS yaitu Ferry Ferdiansyah, Cakra Maheswara, Agsalva Yuliardi Wardani, Amanda Nurul Firdaus, Esti Wulandari dan Novita Pratiwi berangkat ke negara Taiwan.

Persiapan keberangkatan diawali dengan pamitnya mahasiswa ke Direktur AMBS Septi Wulandari dan manajemen AMBS. Menjelang keberangkatan H-1 tanggal 11 Oktober pukul 08.10 WIB dilakukan pelepasan secara sederhana di Kampus AMBS Ruang Housekeeping oleh Wakil Direktur Akademik Erna Wigati dan didampingi Kaprodi Diploma 1 Setya Edi Pramana, bagian admin LPPM Shindy Dwi Pratiwi dan bagian Humas Radite Fajar Widiasih dengan agenda memberikan semangat, Pesan dan pembekalan selama mereka On the Job training di negara Taiwan.

Proses keberangkat 6 mahasiswa AMBS bersama 2 mahasiswa Poltek Indonusa yaitu Muhammad Arif Dimas Prihandoko dan Hernanda Satria Pratama diberangkatkan dari kampus AMBS pukul 21.00 dengan Travel menuju Bandara Sukarno-Hatta, terminal 3 Jakarta dan langsung terbang menuju Taipe. Prosesi keberangkatan dilakukan Upacara secara sederhana yang dipimpin oleh Kaprodi D3 Perhotelan Indonusa Wahyu Tri Hastiningsih, Wakil Direktur Akademik AMBS dan Kaprodi D1 AMBS.

Upacara tersebut berisi sambutan dan pesan dari kaprodi D3 Perhotelan Politeknik Indonusa dan Wakil Direktur Akademik AMBS serta perwakilan dari orang tua mahasiswa yang akan berangkat on the job training ke Taiwan dan Doa Bersama. Bagian kemahasiswaan AMBS Juni Trimo Legowo dan Bendahara AMBS Ambar Setia rini dan Laraswati juga mendampingi dalam proses keberangkatan ke 6 mahasiswa AMBS dan 2 Mahasiswa dari Poltek Indonusa dan dihantarkan oleh masing masing keluarga mereka.

Acara perpisahan dan doa bersama dilakukan dengan khikmat dan sederhana di halaman kampus AMBS dan disaksikan oleh masing-masing keluarga mahasiswa yang mengantarkan keberangkatan mereka. Sesampai di Taipe mereka disambut oleh Mr.Ti selaku penanggung jawab selama mahasiswa di Taiwan dan langsung diantarkan ke Hotel Danwood menuju ke dormitory mahasiswa selama nanti tinggal di negara Taiwan. Hari Senin tanggal 17 Oktober para mahasiswa telah memulai On the Job training sesuai Departemen masing-masing.

Departemen FBS di isi oleh Agsalva dan Novita dari AMBS, Departemen HK di isi oleh Ferry dan Cakra dari AMBS serta Hernanda dari Poltek Indonusa. Departemen FB Product di isi oleh Esti dan Amanda dari AMBS serta Dimas dari Politeknik Indonusa. Dalam Monitoring pertama yang dilakukan oleh Wakil Direktur Bagian Akademik AMBS secara online mereka mengaku senang dan betah serta menikmati kegiatan di hotel Danwood meskipun baru beberapa hari disana. R-N

Pos terkait

Tinggalkan Balasan