Ruang Eksperd, Program Pendidikan Teknologi Besutan TurunTangan Banjarmasin, Menangkan SATU Indonesia Awards 2022 Tingkat Provinsi

Banjarmasin, 2 November 2022 – Ruang Eksperd (Ekstrakurikuler Perdesaan) terpilih sebagai salah satu pemenang SATU Indonesia Awards 2022 dan berhak mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp. 5.000.000.

Ruang Eksperd adalah program pembelajaran teknologi untuk remaja di daerah-daerah terpencil di sekitar kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dicetuskan pertama kali pada Desember 2018 oleh Muhammad Iqbal Pratama, Koordinator TurunTangan Banjarmasin kala itu, program ini berangkat dari keresahannya melihat banyak pemuda di desa-desa yang tidak bisa, bahkan takut mengoperasikan komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, sebagian besar dari mereka yang hijrah ke kota besar akhirnya mengalami hambatan dalam mendapatkan pekerjaan. Adapun pelajaran di sekolah hanya bersifat formal dan diadakan sesekali, maka dari itu relawan TurunTangan Banjarmasin menciptakan sistem semi-privat, dengan mengajarkan keahlian-keahlian komputer yang sesuai dengan tuntutan dunia pekerjaan, sebagai contoh Microsoft Office.

Sasaran Ruang Eksperd adalah siswa SMP dan SMA; dan kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) bulan sebanyak 1 (satu) kali per minggu, total 8 (delapan) pertemuan. Selain dijalankan oleh relawan TurunTangan Banjarmasin, mereka juga bekerja sama dengan mahasiswa dari berbagai kampus, sehingga dapat mengadakan Ruang Eksperd sebanyak 4 (empat) gelombang, yaitu:
– Ruang Eksperd I berlokasi di Yayasan Darul Mujahidin, Kab. Barito Kuala.
– Ruang Eksperd II berlokasi di Desa Berangas Timur, Kec. Alalak, Kab. Barito Kuala.
– Ruang Eksperd III berlokasi di Yayasan Darul Mujahidin, Kab. Barito Kuala.
– Ruang Eksperd IV (terbaru, 2022) berlokasi di Desa Murung Selong, Kel. Sungai Lulut, Banjarmasin Timur.

Meskipun sempat terhenti karena pandemi, Ruang Eksperd telah diselenggarakan kembali mulai pertengahan tahun ini. Sejak pertama kali dibuka, sebanyak 120 peserta telah merasakan manfaat dari Ruang Eksperd. SATU Indonesia Awards merupakan apresiasi Astra yang diberikan kepada anak bangsa yang senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat dalam lima bidang, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Dengan adanya dukungan dari SATU Indonesia Awards 2022, relawan TurunTangan Banjarmasin berharap program Ruang Eksperd ini akan menjadi lebih sustainable.

Contact Person: Agung Budi Prakoso (Koordinator TurunTangan Banjarmasin) 081952482634

Informasi https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/finalis/penerima-apresiasi-tingkat-provinsi-2022/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan