8 dari 10 Warga Jakarta Puas Kepemimpinan Anies Baswedan

Kerja Anies Baswedan ternyata benar-benar dirasakan oleh warga Jakarta. Hal tersebut berdasar survei dari Populi Center yang menyatakan 83,5% warga Jakarta puas dengan kinerja Anies Baswedaan. Artinya hampir 9 dari 10 orang puas dengan kinerja Anies selama memimpin Jakarta dari 2017-2022.

Survei ini dilakukan Populi Center pada 9-16 Oktober 2022 kepada 600 responden dengan metode acak bertingkat. Hal tersebut membuktikan bahwa kebijakan-kebijakan Anies Baswedan berhasil memuaskan mayoritas warga Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Menurut saya, janji-janji Pak Anies sudah ditunaikan. Saya sangat berterima kasih karena Pak Anies memenuhi janjinya melakukan revitalisasi Kampung Bayam,” kata Yuli dari Kampung Bayam.

Kerja-kerja Anies memang mendapatkan banyak apresiasi dari warga Jakarta, bahkan dari warga di luar Jakarta. Saat peresmian revitalisasi kampung seperti Kampung Bayam dan Kampung Gembira Gembrong misalnya, banyak warga yang terharu atas apa perhatian dari Pemprov DKI Jakarta di bawah komando Anies Baswedan.

Bukan hanya perkara penataan kampung, banyak sekali kebijakan Anies Baswedan yang diapresiasi warga Jakarta dan publik. Program pengintegrasian transportasi publik JakLingko misalnya, sangat dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Saya sudah jarang naik mobil pribadi. Ke mana-mana naik transportasi umum. Dari rumah naik angkot JakLingko, lalu sambung TransJakarta atau MRT. Hebatnya angkotnya ini bagus, ber-AC, dan gratis loh. Keren banget ini,” kata Nugroho, warga Ragunan.

Apa yang dikerjakan oleh Anies Baswedan tidak hanya dirasakan oleh warga Jakarta. Warga luar Jakarta, khususnya Jadobetabek juga menikmati berbagai fasilitas yang dibangun Anies Baswedan. Masih ingat dengan Citayam Fashion Week kan? Gerakan tersebut muncul karena fasilitas publik di Jakarta sangat bagus dan bisa diakses oleh siapa saja. Tidak membeda-bedakan dia warga mana, suku apa, dan apa agamanya.

Kesetaraan memang jadi kunci Anies Baswedan dalam membuat kebijakan. Setiap kebijakan yang dibuat tidak pernah membedakan latar belakang seseorang. Tak heran, orang dari mana pun bisa menikmati berbagai fasilitas yang dibangun Anies Baswedan.

Beberapa kebijakan bahkan menjadi sebuah tren baru. Christmas Carol contohnya, memberikan kesempatan kepada umat Kristiani untuk menggunakan ruang publik untuk menjalankan tradisi menyanyikan lagu pujian di saat Natal. Kebijakan ini belum pernah terjadi sebelumnya dan baru terjadi di masa Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Tak mengherankan, warga Jakarta puas dengan kepemimpinan Anies Baswedan. Sebab, setiap warga dilindungi dan mendapatkan perlakuan setara. Setelah membuat Jakarta maju kotanya dan bahagia warganya, saatnya Anies membuat maju Indonesia dan membuat warga di seluruh pelosok Nusantara Bahagia. (Penulis: KRT Purbonagoro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan