Tangkal Radikalisme BNPT : Kemensos Kuatkan Kearifan Lokal Di Desa Kwarasan

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Dalam rangka pencegahan penyebaran paham radikalisme di tengah masyarakat, BNPT-RI bersinergi bersama Kementerian Sosial melalui Program Penguatan Kearifan Lokal dan Ekonomi Masyarakat yang dilaksanakan oleh Paguyuban Caraka Utama. di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo,Kamis(15/12/22)

Program Penguatan Kearifan Lokal dan Ekonomi Masyarakat merupakan bantuan Kementerian Sosial berupa bantuan tunai senilai lima puluh juta rupiah yang kemudian oleh Paguyuban Caraka Utama diwujudkan dalam bentuk pembelian 20 stel beskap Solo komplit, dan berbagai jenis kostum wayang orang. Sedangkan untuk penguaatan ekonomi masyarakat, dirahkan untuk membantu pelaku UMKM di bidang kuliner tradisional di Desa Kwarasan.

 

Paguyuban Caraka Utama, adalah sebuah paguyuban seni yang dibentuk secara swadaya oleh masyarakat Desa Kwarasan sejak tahun 1983 yang bergerak dalam bidang kesenian dan sosial kemasyarakatan. Kegiatan Paguyuban Caraka Utama saat ini antara lain, latihan karawitan yang dilaksanakan secara rutin, latihan pambiwara, dan seni tari tradisional. Anggota Paguyuban Caraka Utama saat ini berjumlah 60 orang baik tua maupun muda yang merupakan warga Desa Kwarasan.


Menurut Fasilitator Daerah Sinergisitas Kementerian/Lembaga-BNPT Wilayah Sukoharjo, Ahmad Wafi, mengungkapkan bahwa penguatan nilai kearifan lokal dianggap sebagai salah satu cara dalam mencegah penyebaran paham radikalisme, disamping itu sebagai sarana untuk mencintai dan menjaga nilai budaya yang telah tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

Sementara itu,Kepala Desa Kwarasan, Teguh Wiradi juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Sosial dan BNPT atas bantuan yang telah diberikan.

“program sinergi bersama Kemensos dan BNPT ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap nilai-nilai kebudayaan lokal yang mengakar di masyarakat, khususnya di Desa Kwarasan ini,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Paguyuban Caraka Utama, Wakidi, ia mengatakan bahwa dengan adanya program bantuan kearifan lokal ini menjadi pemacu semangat bagi seluruh warga Desa Kwarasan untuk semakin bangga dengan niali-nilai luhur budaya bangsa.

“Harapan saya, program ini dapat menjadi pemacu semangat bagi anggota paguyuban khususnya dan warga Desa Kwarasan pada umumnya, untuk semakin mencintai budaya bangsa, kalau bukan kita siapa lagi, dan bila bukan sekarang, kapan lagi saatnya” ungkapnya.(din/r)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan